Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Innova Zenix Hybrid, Toyota Suntik Dana Rp 4,2 Triliun

Kompas.com - 03/12/2022, 12:22 WIB
|

BANDUNG, KOMPAS.com – Setelah meluncur pada November lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) langsung gerak cepat memenuhi kebutuhan konsumen yang sudah memesan Kijang Innova Zenix.

Secara kapasitas, pabrik Toyota di Karawang mampu memproduksi sekitar 5.000-6.000 unit generasi ketujuh Kijang Innova per bulan untuk pasar domestik dan ekspor.

Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN mengatakan, hal ini bisa tercapai berkat investasi yang dilakukan Toyota beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kenapa Tidak Disarankan Lewat Jalur Lintas Sumatera Malam Hari?

Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi meluncur. KOMPAS.com/Ninda Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi meluncur.

So far investasi yang sudah kita realisasikan untuk Zenit ini mungkin Rp 1 triliun untuk bangun fasilitas baterai,” ujar Bob kepada wartawan (1/12/2022).

“Kemudian juga ada beberapa investasi di supplier, tool dan dies. Investasi Zenix Rp 4,2 triliun, tapi yang baterainya saja hampir Rp 1 triliun” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengungkapkan, Kijang Innova Zenix memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang cukup tinggi.

Baca juga: Toyota Bikin Sejarah Baru Lewat All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Misalnya pada varian bensin, TKDN mencapai 85 persen. Kemudian pada model hybrid diklaim berada di angka 60 persenan.

Lebih rendahnya TKDN model hybrid dikarenakan ada komponen yang masih didatangkan dari luar negeri, seperti di sebagian besar bagian baterai, motor listrik, inverter, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.