Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini resmi memasarkan mobil listrik murni yakni bZ4X.

Kehadirannya pun langsung menarik perhatian konsumen otomotif di Tanah Air. Perseroan memprediksi bahwa bZ4X kemungkinan akan mengalami inden yang sangat panjang. Bahkan dua hari sebelum peluncuran, salah satu diler dikatakan sudah menerima 50 pemesanan.

Baca juga: Ongkos BBM Perjalanan dari Jakarta ke Pekanbaru dengan Honda BR-V

Kabarnya, bagi konsumen yang berminat membeli bZ4X harus rela antri hingga enam bulan.

“Di diler saya paling cepat 4 bulan, paling lama 6 bulan. Booking fee Rp 50 juta, nanti kita masukin antrian inden,” kata tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat kepada Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Sementara itu, inden lebih cepat ditawarkan oleh diler di kawasan Bekasi.

“Estimasi inden 3 bulan, untuk antrian sebetulnya tidak terlalu (banyak) tapi memang unitnya harus spot order,” kata tenaga penjual Toyota di Bekasi itu.

Sebagai informasi, di Indonesia Toyota bZ4X dibanderol dengan harga Rp 1,190 miliar. Mobil listrik murni besutan pabrikan Jepang ini hanya dijual dalam satu varian yakni penggerak roda depan (FWD) yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm.

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

Baca juga: Batas Mobil Hybrid Bisa Dioperasikan Tanpa BBM

Mobil ini bisa menempuh jarak 500 km dalam sekali pengecasan. Sementara untuk waktu pengecasan mobil ini membutuhkan waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.