Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla, tengah bersiap untuk memperbarui salah satu kendaraan unggulannya yakni model 3.

Disitat dari Carscoops, Rabu (30/11/2022), perusahaan otomotif milik Elon Musk ini akan melakukan penyegaran pada sisi eksterior dan interior menjadi lebih sederhana.

Sebagai informasi, pembaruan ini dilakukan Tesla untuk mendongkrak penjualan. Pasalnya, penjualan mobil listrik AS ini cukup lesu pada beberapa bulan terakhir. Tesla terpaksa menurunkan harga sebesar sembilan persen agar bisa kompetitif dengan produsen EV lainnya.

Baca juga: Populasi Sepeda Motor di Indonesia Tembus 126 Juta Unit

Tidak dijelaskan secara khusus perubahan desain pada eksterior, tetapi secara tampilan model ini tengah menyempurnakan bodywork serta mempertahankan kesan sporty dan agresif.

Tesla menggunakan metode baru untuk perakitan eksterior dengan nama ‘giga press’, di mana metode perakitan ini lebih hemat biaya sehingga harga jual mobil menjadi lebih murah.

Tesla Model 3Doc Carscoops Tesla Model 3

Sementara pada bagian interior, Tesla membuat tampilan kabin lebih minimalis dan sederhana untuk menurunkan biaya produksi. Namun fokus pada peningkatan sistem hiburan yang paling sering digunakan pengemudi, seperti layar infotainment.

Bicara soal performa, Tesla Model 3 dibekali dengan motor listrik bertenaga 475 hp dan torsi maksimal 350 Nm yang dialirkan menuju roda belakang. Kemudian untuk performanya, 0-100 km per jam (kpj) diraih dalam waktu 3,1 detik dan kecepatan puncaknya 210 (kpj).

Baca juga: Quartararo Sebut Motor Ducati Saat Ini Mirip Yamaha Zaman Dahulu

Pengisian daya untuk perjalanan jarak jauh juga diklaim cepat, menambah jarak tempuh hingga 275 km hanya dalam waktu 15 menit dengan menggunakan supercharger network.

Penyegaran Model 3 ini diharapkan mulai diproduksi pada kuartal ketiga 2023 di pabrik Tesla di Shanghai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.