Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Bukan Awet, Ini Efek Buruk Ritual Angkat Wiper Saat Parkir |Tidak Perlu Ribet, Begini Cara Perpanjangan SIM secara Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengangkat wiper saat parkir mobil di bawah terik matahari seolah menjadi ritual wajib bagi pemilik kendaraan. Perilaku ini dianggap solusi untuk mencegah karet wiper rusak.

Meskipun demikian, banyak yang belum paham dampak negatif dari kebiasaan mengangkat wiper. Karena ternyata ritual tersebut bisa membuat komponen lain mengalami kerusakan, termasuk bagian karet.

"Dampak positifnya karet awet jika caranya benar, tujuannya mencegah secara langsung kaca panas bergesekan wiper. Akan tetapi, pegas wiper jadi harus beberapa kali tertarik," ucap Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi, kini para pengendara tidak perlu lagi repot untuk datang ke kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Polri dan mengantre untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sebab, aktivitas tersebut bisa dengan mudah dilakukan secara online melalui ponsel. Tidak sampai di sana, SIM juga bisa dikirim ke rumah pemohon setelah menuntaskan persyaratan administrasi.

Jadi tidak ada alasan lagi bahwa pengendara tidak sempat melakukan perpanjangan SIM. Sekaligus, pengendara bisa menghindari denda tilang apabila terjadi operasi.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa,29 November 2022 : 

1. Bukan Awet, Ini Efek Buruk Ritual Angkat Wiper Saat Parkir

Pegas wiper yang diangkat berulang kali atau bahkan setiap hari, berpeluang mempercepat keausan.

Mekanisme komponen pegas digunakan untuk menggerakkan wiper saat bekerja saat menyapu air.

Bila pegas sudah lemah, dampaknya menyebabkan kecepatan gerakan wiper menurun. Dalam waktu yang lama, Bambang mengatakan, kinerja wiper bisa berhenti total jika terlalu parah.

2. Tidak Perlu Ribet, Begini Cara Perpanjangan SIM secara Online

Adapun kewajiban membawa SIM saat mengemudi di jalan, tercantum di Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Disebutkan di sana, apabila masa berlaku SIM habis atau lewat masa berlaku, maka pemilik tidak bisa memperpanjangnya. Satu-satunya cara, melakukan pembuatan SIM ulang dengan serangkaian tes.

 

3. Harga Mobil Chevrolet Bekas Jelang Akhir Tahun Mulai Rp 55 Jutaan

Pasar mobil bekas masih menjadi alternatif terbaik untuk mencari dan mendapatkan kendaraan keluarga karena harganya yang lebih murah dan bebas inden. Apalagi kini masa tunggu mobil baru cukup lama karena adanya krisis cip semikonduktor global.

Di samping itu, pilihan yang tersaji juga cukup beragam, dengan hampir mencangkup seluruh brand baik dari Jepang, Korea Selatan, Eropa, sampai Amerika Serikat (AS).

Bicara mobil Amerika, mungkin Chevrolet bisa jadi pilihan city car menarik selain Ford dan General Motors (GM). Terlebih diler resminya masih beroperasi untuk menangani servis serta pergantian komponen walau APM-nya sudah gelar tikar. 

4. Nissan Serena Facelift Meluncur, Fiturnya Semakin Canggih

Belum lama ini, gambar paten dari Nissan Serena facelift beredar di dunia maya. Kali ini, gambar paten tersebut sudah terwujud jadi kenyataan.

]Dikutip dari Carscoops.com, Senin (28/11/2022), desain eksterior multi purpose vehicle (MPV) pintu geser ini terkesan makin tampak futuristik. Nissan terlihat menggunakan bahasa desain perusahaan yang baru dengan mengandalkan lampu LED yang menyatu dengan gril depan membentuk huruf V.

Sementara bentuk bodinya, secara keseluruhan bisa dikatakan masih sama seperti model sebelumnya. Nissan menghadirkan dua varian untuk Serena facelift ini.

5. Alasan Kenapa Cairan Wiper Tak Boleh Menggandung Detergen

Agar maksimal, wiper mobil bekerja dengan bantuan cairan pembersih khusus yang fungsinya membersihkan permukaan kaca.

Karena itu, pemilik mobil juga wajib memperhatikan kondisi cairan wiper. Terutama soal ketersediaan atau volumenya.

Bila sudah berkurang, jangan tunda untuk mengisi kembali. Paling penting lagi, pastikan mengisinya dengan cairan yang memang dirancang khusus untuk wiper.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/060200515/-populer-otomotif-bukan-awet-ini-efek-buruk-ritual-angkat-wiper-saat-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke