Baterai Remote Lemah, Begini Cara Buka Pintu Mobil

Kompas.com - 28/07/2022, 15:21 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Untuk meningkatkan keamanan, mobil produksi modern dilengkapi fitur kunci keyless. Buka tutup pintu mobil lebih praktis, dan menyalakan mesin tak perlu menggunakan anak kunci. 

Kelemahannya, fitur keyless mengandalkan baterai. Nantinya, saat daya baterai melemah akan mempengaruhi sistem alarm mobil. 

Hal ini di ulas Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro kepada redaksi Kompas.com.

Dia mengatakan, remote kunci mobil yang kurang peka bisa jadi akibat beberapa hal. Walau demikian, tak sepenuhnya pintu mobil sulit dibuka.

"Coba dahulu membuka pintu dengan menekan tombol kunci lebih dekat. Baterai lemah, sinyal alarm tetap bisa terkirim ke transporder. Caranya, kunci di tempelkan gagang pintu atau kaca mobil," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Baca juga: Jepang Tambah Investasi Rp 75 Triliun, Otomotif Sumbang 17 Persen

Respon yang lambat, kata dia, pemilik mobil disarankan untuk membuka pintu dengan cara manual. Yaitu, buka tutup pintu mobil menggunakan anak kunci. 

"Mobil-mobil modern kunci keyless tetap dilengkapi anak kunci. Untuk mengeluarkannya, dengan menekan tombol di bagian atas atau belakang," ucap dia. 

Baterai remot kunci mobilDicky Aditya Wijaya Baterai remot kunci mobil

Dia melanjutkan, tahap selanjutnya menyalakan mesin cukup dengan menempelkan remote dekat tombol start stop. 

"Kalau pasti baterai remote lemah, untuk menghidupkan mesin bisa dengan cara mendekatkan remote ke tombol keyless. Baru, mesin mobil bisa hidup normal," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.