Kompas.com - 25/11/2022, 11:02 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Koil pengapian pada mobil memiliki peran yang sangat penting, khususnya untuk mobil bermesin bensin.

Pada mesin bensin dibutuhkan percikan bunga api sebagai syarat mutlak terjadinya proses pembakaran. Di mana api tersebut dihasilkan dari kerja koil pengapian. Koil pengapian memproduksi listrik searah bertegangan sangat tinggi sehingga bisa menghasilkan percikan bunga api pada busi.

Nah, komponen ini ada pada setiap mobil bermesin bensin baik mesin modern maupun mesin konvensional yang masih menggunakan sistem pengapian sederhana. Tapi, koil pengapian pada mobil modern banyak ditemukan mudah sekali rusak tidak seperti pada mobil tua. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Baca juga: Cara Mudah Prediksi Koil Mobil yang Bermasalah

Selongsong koil pengapian terbakar karena usia pemakaianAgus Setiawan Selongsong koil pengapian terbakar karena usia pemakaian

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, koil pengapian pada mobil modern dan mobil tua berbeda, baik dari segi konstruksi dan bahan material yang digunakan.

“Koil pengapian pada mobil tua biasanya disediakan satu untuk empat silinder, dengan konstruksi yang berukuran besar dan dibuat dari material yang lebih kokoh juga,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Dia mengatakan koil pengapian pada mobil tua wajar saja jika jarang rusak, karena jumlahnya hanya satu, berbeda dengan mobil modern yang biasanya terdapat koil pada masing-masing silinder.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Karena Koil Bermasalah BBM Mobil Bisa Boros?

Distributor pengapian, di dalamnya ada governor advancer dan centrifugal advancer.Erwin Setiawan Distributor pengapian, di dalamnya ada governor advancer dan centrifugal advancer.

“Untuk mobil modern, disediakan koil pengapian pada masing-masing silinder, dan itu rusaknya bisa tidak bersamaan, tapi hampir berdekatan rentang waktunya karena usia komponen, jadi bisa saja baru bulan lalu, atau pekan lalu mengganti koil, kini sudah harus mengganti koil lagi,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan beberapa bengkel memiliki kebijakan yang berbeda. Ada yang menyarankan mengganti koil empat-empatnya langsung tapi ada juga dibolehkan mengganti koil yang rusak saja.

“Kalau mengganti koil pengapiannya satu, biasanya tidak lama bakal ada kerusakan pada koil lain karena sebenarnya kerusakan koil berdasarkan masa pakai,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Mengenal Fungsi Koil Pengapian pada Mobil Modern

Distributor pengapianErwin Setiawan Distributor pengapian

Dia mengatakan kemungkinan karena jumlah koil pengapian lebih banyak, dan digantinya satu persatu membuat koil pengapian pada mobil modern terkesan sering mengalami kerusakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.