Kompas.com - 23/11/2022, 06:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix yang mengalami ubahan menyeluruh. Salah satu perbedaan signifikan adalah bergantinya sistem penggerak dari RWD (Rear Wheel Drive) menjadi FWD (Front Wheel Drive).

Hideki Mizuma, Chief Engineer of Toyota Motor Corporation (TMC), mengatakan, berubahnya sistem penggerak Kijang Innova Zenix tak lain karena sasis yang digunakan saat ini tidak lagi menggunakan platform mobil pikap.

Melainkan basis mobil sedan berupa sasis monokok yang diwujudkan dalam platform TNGA (GA-C), yang juga dipakai produk Toyota lainnya, seperti Prius dan Corolla, termasuk juga dipakai di model MPV boxy (kotak) seperti Toyota Voxy.

Baca juga: Viral Curhatan Konsumen, Baru Beli Hyundai Palisade Sistem Transmisi Langsung Rusak

Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi meluncur. KOMPAS.com/Ninda Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi meluncur.

"Kami menggunakan GA-C platform, yang artinya Innova Zenix ini adalah saudaranya Voxy. Voxy desainnya roomy, sementara Innova harus kuat di medan dan jalan apapun, dan juga harus tough, kuat, dan stylish," ujar Mizuma di Jakarta, Senin (21/11/2022).

"(Kijang Innova Zenix) ini adalah suatu brand new, sangat baru. Tapi sebenarnya Innova (Zenix) ini juga saudaranya Corolla dan Prius," kata dia.

Dengan menggunakan platform TNGA: GA-C, maka tak heran jika Kijang Innova mengalami ubahan besar-besaran.

Baca juga: Toyota Klaim Kijang Innova Zenix Hybrid Lebih Irit BBM dari LCGC

Dari sebelumnya menggunakan sasis IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) alias sasis ladder frame dengan penggerak roda belakang, kini menjadi sasis monokok dengan penggerak roda depan.

Praktis, Kijang Innova Zenix tidak lagi sama dengan Hilux ataupun Fortuner, baik dari segi platform hingga mesin.

"Karena ini mobil hybrid, kami tidak menggunakan frame (pikap kabin ganda) Hilux, tapi menggunakan TNGA (GA-C) platform yang biasa digunakan untuk sedan. Jadi meski Kijang Innova ini diisi full 8 orang di dalam, mereka tetap merasakan kenyamanan," kata Mizuma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.