Kompas.com - 22/11/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya menyertakan varian transmisi otomatik untuk generasi terbaru dari Kijang Innova Zenix yang diluncurkan di Jakarta pada Senin (21/11/2022).

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, hal tersebut sesuai riset internal perseroan sesuai dengan permintaan pasar. Di mana, konsumen di segmen menengah ke atas cenderung memilih varian matik.

"Untuk segmen ini memang main customernya transmisi otomatis. Varian V dan Venturer kebanyakan AT. G yang masih lumayan banyak manual," kata Anton, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Alasan Toyota Masih Pakai Nama Kijang pada Innova Zenix

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

"Kita masih ada keep old innova MT dan diesel," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, dalam kesempatan terpisah. Menurut dia, aktivitas produksi Innova diesel dan manual masih dilakukan.

Hanya saja kendaraan menggunakan model dan platform terdahulu, alias masih menggunakan nama Reborn belum Zenix sebagai generasi terbarunya.

"Ini tidak hanya untuk fleet market, bagi perseorangan yang berminat bisa saja beli. Tetap kita sediakan tapi memang model lama," kata Warih.

Baca juga: Toyota Tancap Gas Produksi Kijang Innova Zenix di Karawang

Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November Mobil88 Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November

Jika permintaan sudah surut, kata Anton lagi, perusahaan disebut akan mempertimbangkan bakal menyuntik mati Innova lama.

"Masih, sampai demand-nya tidak ada," ujar dia.

Terapan TAM ini diketahui mirip dilakukan pada Avanza. Hingga saat ini TAM tetap menjual model lama Avanza ke segmen fleet bersamaan generasi barunya yang lebih modern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.