Kompas.com - 22/11/2022, 16:02 WIB
|

DEMAK, KOMPAS.com - Meski dikenal tangguh, namun Toyota Innova diesel tetap butuh perawatan yang baik agar performanya terjaga.

Bila tidak dirawat, sangat mungkin terjadi justru mobil malah sering bermasalah. Bahkan tenaga yang dihasilkan tidak optimal.

Salah satu perawatan yang penting dilakukan adalah mengganti filter solar yang fungsinya menyaring kotoran bahan bakar.

Baca juga: Versi Hybrid Meluncur, Harga Innova Diesel Generasi Ke-3 Masih Tinggi

Instrumen cluster Innova Reborn dieselDicky Aditya Wijaya Instrumen cluster Innova Reborn diesel

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan, filter solar harus diganti secara teratur agar performa mesin Innova diesel tetap prima.

“Penting melakukan penggantian filter solar, karena logikanya semakin lancar aliran bahan bakar maka performa mesin semakin prima,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Dia mengatakan meski filter solar kerap menghambat saluran bahan bakar, komponen tersebut tetap saja penting untuk dipasang sebagai penyaring kotoran.

Baca juga: Dikabarkan Setop Produksi, Stok Innova Diesel di Semarang Menipis

Filter solar Kompas.com Filter solar

“Mesin membutuhkan bahan bakar yang bagus, bersih dari zat-zat yang tidak diinginkan, maka dari itu perlu dipasang filter solar untuk menyaringnya, tapi dampaknya filter menjadi cepat kotor dan menghambat saluran bahan bakar,” ucap Eko.

“Interval penggantian filter solar berpatok pada setiap melakukan servis, terlebih lagi mobil menggunakan solar yang kualitasnya rendah, itu sebaiknya penggantian filter solar dilakukan semakin sering,” ucap Eko.

Baca juga: Innova Zenix Meluncur, Toyota Pastikan Innova Reborn Masih Dijual

Filter solar mobil diesel kotorKompas.com Filter solar mobil diesel kotor

Eko menambahkan, tak perlu menunggu waktunya servis, bila indikator filter solar menyala sebaiknya dilakukan penggantian.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.