Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknologi yang Antisipasi Remote Tertinggal di dalam Mobil

KLATEN, KOMPAS.com - Kasus remote mobil tertinggal di dalam mobil kerap terjadi. Hal itu tentu saja membuat panik sebagian pengendara lantaran mobil terkunci dari dalam.

Beberapa kali kejadian tersebut ditangkap kamera, ada yang memecahkan kaca mobil, menurunkan kaca secara paksa dan sebagainya dalam menangani hal tersebut.

Intinya, ketika remote tertinggal di dalam mobil dan terkunci dari dalam akan membuat susah pemilik mobil. Lantas, adakah teknologi yang mengantisipasi hal tersebut?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan baru-baru ini sudah ada teknologi yang membuat pemilik mobil tidak khawatir dengan tertinggalnya kunci di dalam mobil.

“Saat ini sudah ada remote model keyless, jadi remote ini akan selalu berkomunikasi dengan ECU immobilizer, hal itu membuat sistem bisa memberitahu ke pengendara bila kunci masih ada di dalam mobil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan ada sistem yang membuat mobil tidak mau mengunci ketika remote masih terbaca di dalam mobil.

“Pada mobil dengan model keyless, pada handle pintu terdapat tombol yang berfungsi sebagai tombol kunci dan membuka kunci, jadi biasanya pengendara tidak perlu mengeluarkan remote untuk mengunci pintu mobil, hal itu membuat remote rawan tertinggal,” ucap Didi.

Namun, dia mengatakan tidak perlu khawatir karena model keyless terdapat sistem yang memberikan keamanan agar remote tidak tertinggal di dalam mobil.

“Kalau remote keyless masih di dalam mobil, dan mobil dikunci dari luar, maka akan muncul buzzer sebagai pemberitahuan bahwa kunci mobil masih di dalam, kondisi seperti itu juga membuat kunci tidak bisa dikunci dari luar,” ucap Didi.

Dia mengatakan sistem keamanan ini berbeda-beda pada masing-masing mobil, ada juga yang memungkinkan mobil tetap bisa dikunci dari luar.

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho, mengatakan mobil dengan model keyless bisa saja dikunci dari luar sementara remote masih ada di dalam mobil, tapi pengendara tidak perlu khawatir karena normalnya pintu bisa dibuka dengan menekan tombol di samping gagang pintu.

“Ketika remote di dalam mobil dan pintu bisa dikunci lewat tombol, itu artinya remote terdeteksi berada di dalam mobil, maka dengan mudah bisa dibuka kembali dengan tombol, jadi kemungkinan kunci mobil tertinggal di dalam mobil kecil,” ucap Aji kepada Kompas.com. Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan tombol tersebut juga bisa menciptakan bunyi peringatan ketika ada kejanggalan seperti ada salah satu pintu yang tidak tertutup sempurna, remote masih di dalam mobil dan sejenisnya.

“Selama tidak ada gangguan sinyal, dapat dipastikan remote tidak akan tertinggal di dalam mobil dan menyusahkan pengendara seperti pada mobil-mobil yang belum dilengkapi keyless atau intelligent key,” ucap Aji.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/20/185100715/teknologi-yang-antisipasi-remote-tertinggal-di-dalam-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke