Kompas.com - 17/11/2022, 09:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Beberapa mobil dengan transmisi matik telah dilengkapi tombol overdrive (O/D). 

Jika difungsikan, tombol tersebut mempercepat proses perpindahan gigi. Biasanya digunakan saat hendak mendahului kendaraan lain atau melewati tanjakan. 

Overdrive akan secara otomatis menurunkan posisi gigi untuk mendapatkan tenaga dan torsi mesin yang signifikan.

Artinya, ketika overdrive diaktifkan, maka transmisi akan ditahan agar tidak mencapai perpindahan gigi maksimal.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol Release di Tuas Transmisi Mobil Matik

"Tombol overdrive biasanya ditandai logo ‘O/D’, ketika ditekan fitur tersebut bakal non-aktif. Jadi dalam keadaan normal, overdrive sebenarnya telah aktif," ucap Hermas E Prabowo, Pemilik Worner Matic kepada Kompas.com, Rabu (16/11/2022). 

Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander- Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander

Saat tombol overdrive aktif, transmisi akan diberikan batas kerja, tenaga mesin maksimum jadi lebih mudah digapai. 

Hal itu terlihat dari rasio putaran mesin (rpm) yang tinggi. Hasilnya, kendaraan melaju cepat dan mudah mencapai akselerasi. 

Baca juga: Cara Membedakan Oli Mesin Palsu dan Asli

"Torsi dan tenaga mesin seimbang, jadi misalnya kendaraan memiliki 4 percepatan, jika overdrive (O/D) aktif, mobil hanya bisa maksimum sampai gigi ketiga. Hal itu untuk mengejar tenaga puncak secepatnya," ucapnya. 

Untuk penggunaan fitur tersebut, pengemudi hanya cukup menekan tombol kecil yang biasanya terletak di ujung tuas transmisi.

Biarkan aktif, secara langsung hentakan perpindahan gigi transmisi bisa dirasakan dari setiap akselerasi yang dilakukan. 

"Jika overdrive on, torsi mesin gampang di dapatkan, mekanisme gigi transmisi matik menyesuaikan otomatis dengan ritme putaran mesin yang di inginkan," kata dia. 

Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.

Meskipun demikian, overdrive sebaiknya digunakan seperlunya saja, jika penggunaan harian pastikan dahulu fitur tersebut off sebelumnya. 

"Karena komponen ini membatasi posisi gigi, konsekuensinya putaran mesin jadi lebih tinggi, hal ini tentu mempengaruhi tingkat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) karena otomatis lebih boros," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.