Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Ungkap Tantangan Pembiayaan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 17/11/2022, 17:42 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Grup Kebijakan Sektor Jasa Keuangan Terintegrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Greatman Rajab mengungkapkan saat ini ada beberapa tantangan yang menjadi kendala dalam pembiayaan kendaraan listrik.

Hal dimaksud mencangkup belum adanya insentif suku bunga atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) hingga masalah baterai kendaraan listrik.

"Isu pembiayaan dan komersial menjadi tantangan dalam pertumbuhan kendaraan listrik ke depannya. Suku bunga yang sama antara KBLBB dan Non-KBLBB juga belum ada insentif bunga khusus," katanya dilansir KompasMoney, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: Indonesia Caplok Rp 29,6 Triliun untuk Ekosistem Kendaraan Listrik

Ilustrasi kendaraan listrik.(Dok. Shutterstock/ BigPixel Photo) Ilustrasi kendaraan listrik.

Tidak sampai di sana, masalah terbatasnya pinjaman dan asuransi kendaraan listrik juga menjadi suatu perhatian khusus dalam sisi pembiayaan. Di samping itu, pasarnya pun belum terbentuk karena masih kecil.

Meski demikian, Greatman mengatakan bahwa kendaraan listrik terbukti bisa menghemat biaya bahan bakar hingga 71 persen dan perawatan 40 persen dibandingkan kendaraan konvensional atau berbahan bakar fosil.

"Jadi isu tadi termasuk harga kendaraan listrik yang masih mahal dan sisi baterianya menjadi tantangan yang tak mudah untuk pertumbuhan (pembiayaan) EV di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Perbankan Bersiap Menyambut Era Kendaraan Listrik

Astra Honda Motor pamer motor listrik di IMOS 2022Dio Dananjaya/Kompas.com Astra Honda Motor pamer motor listrik di IMOS 2022
 

Sepanjang 3 tahun terakhir pembiayaan untuk KBLBB berada di kisaran Rp 600-700 miliar, atau jauh lebih kecil dari portofolio kredit perbankan untuk kendaraan non KBLBB. Sementara itu pangsa pasarnya masih kecil, yakni di bawah 1 persen, dari total penjualan kendaraan di Indonesia.

Sementara itu, pembiayaan kendaraan listrik dari Industri Keuangan Non Bank (IKNB) juga cenderung mengalami penurunan selama dua tahun terakhir. Di sisi lain, penyebaran charging statio

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.