Kompas.com - 17/11/2022, 18:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebanyakan motor keluaran baru umumnya sudah mengusung teknologi keyless atau smart key untuk meningkatkan keamanan.

Meski begitu, bukan berarti teknologi konvensional yang masih menggunakan anak kunci ditinggalkan.

Kunci kontak konvensional terbilang minim perawatan, hanya saja pengguna harus rajin memperhatikan terutama saat masuk musim hujan.

Baca juga: Honda Luncurkan Model Baru Motor Mungil MSX125 Grom

Cairan penetran WD-40 Low OdourDok. WD-40 Cairan penetran WD-40 Low Odour

Apabila kunci kontak mulai seret atau macet saat digunakan, terutama ketika sedang terburu-buru, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar lancar kembali.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, kunci kontak seret bila dibiarkan terus menerus bisa merusak mekanisme yang ada di dalamnya.

“Agar tidak seret terutama saat musim hujan sebetulnya mudah, cukup semprotkan cairan penetran secukupnya,” ujar Rendra, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Awas Macet, Ada Penutupan Jalan Tol Jagorawi Mulai Hari Ini

“Hal ini bertujuan untuk menghilangkan karat yang ada di lubang kunci bagian dalam. Karena kalau dipaksakan, anak kunci bisa patah,” kata dia.

Menurutnya, karat yang timbul di dalam rumah kunci berupa serbuk-serbuk putih yang membuat mekanisme kunci kontak menjadi seret bahkan macet.

Oleh sebab itu, Rendra menyarankan agar pengguna motor rajin menyemprotkan cairan penetran secara berkala, untuk mengatasi permasalahan kunci kontak yang seret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.