Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Korea Selatan Lebih Pilih Mercy Dibanding Genesis

Kompas.com - 15/11/2022, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol turut menghadiri KTT G20 di Bali. Namun, ada momen yang menarik ketika orang nomor satu di Korea Selatan tersebut tiba.

Yoon Suk-yeol turun dari pesawat didampingi sang istri Kim Kun-hee. Tapi, keduanya dijemput tidak menggunakan Genesis G80 yang notabene merupakan mobil buatan Korea Selatan.

Baca juga: Berikut Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama KTT G20 Berlangsung

Keduanya malah terlihat menaiki Mercedes-Benz S600 Guard. Kemungkinan besar dari pihak Korea Selatan lebih mementingkan keamanan, sehingga yang dipilih mobil mewah tersebut.

Presiden Korea Selatan lebih mengutamakan keselamatan dan keamananDok. YouTube Sekretariat Presiden Presiden Korea Selatan lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan

Untuk diketahui, S600 Guard telah mendapatkan sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm.

Baca juga: 41 Unit Bus Listrik Digunakan Selama KTT G20, 30 Buatan Indonesia

Tidak hanya tahan serangan peluru, S600 juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Mobil dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan.

Presiden Korea Selatan lebih mengutamakan keselamatan dan keamananDok. YouTube Sekretariat Presiden Presiden Korea Selatan lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan

Soal mesin, Mercy lebih percaya kepada mesin V12 yang memiliki kapasitas hingga 6.000 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan 530 tk dan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimumnya disebut hanya tembus 160 kilometer per jam.

Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP). Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.

Genesis G80KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Genesis G80

Menanggapi artikel ini, juru bicara Presiden Republik Korea memberikan hak jawab.

“Indonesia sebagai presidensi G20 memfasilitasi mobil anti-peluru sebagai tambahan untuk beberapa negara termasuk Korea Selatan atas pertimbangan bahwa mobil anti-peluru tersebut diperlukan untuk tujuan keamanan,” tulis keterangan resmi Juru Bicara Presiden Republik Korea, Kamis (24/11/2022).

Tak hanya menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard, Presiden Yoon Suk-yeol juga menggunakan Genesis Electrified G80 besutan produsen Korea Selatan, Hyundai, selama acara berlangsung.

Baca juga: Genesis G80 Bekas KTT G20 Bakal Jadi Kendaraan Dinas?

“Selama mengikuti serangkaian acara resmi pada KTT G20 Indonesia, Presiden Yoon menggunakan G80. Hanya saja, di area-area tertentu yang memerlukan keamanan khusus maka digunakan mobil anti-peluru. Beberapa kepala negara G20 lain juga menggunakan dua tipe mobil tersebut secara bersamaan,” katanya.

Sebagai informasi, pada KTT G29 Hyundai meminjamkan hampir 400 unit kendaraan listrik, 44 diantaranya merupakan Genesis Electrified G80 Edition Long-Wheelbase, 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase.

Tak hanya itu, Hyundai juga turut menghadirkan 262 unit Hyundai Ioniq 5 yang diproduksi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com