Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Puji Keunggulan Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

Kompas.com - 15/11/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu acara dalam hari kedua gelaran B20 Summit Indonesia 2022, menampilkan CEO dan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) Anindya Bakrie dan CEO Tesla Elon Musk yang berdialog soal kendaraan listrik.

Dalam diskusi tersebut, Elon Musk memuji kalau Indonesia sudah siap untuk membangun industri baterai kendaraan listrik terintegrasi, karena Indonesia memiliki cadangan nikel melimpah.

Ia juga mengatakan, Indonesia telah memberikan kontribusi yang signifikan dengan produksi bahan-bahan penting untuk manajemen di bidang tersebut, salah satunya nikel.

Baca juga: Innova Diesel Stop Produksi? Ini Kata Toyota

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

Dia menjelaskan nikel adalah bahan utama dalam baterai lithium terutama untuk kendaraan listrik jarak jauh.

"Tetapi lithium sebenarnya hanya beberapa persen dari berat baterai. Padahal nikel sebenarnya merupakan mayoritas berat baterai,” ujar Elon Musk, disitat dari tayangan Youtube B20 Summit Indonesia  (14/11/2022).

“Itu seharusnya sangat penting, karena membutuhkan baterai dengan kepadatan energi yang sangat tinggi," kata dia.

Baca juga: Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini

Elon Musk menambahkan, Indonesia bisa menjadi negara yang hebat dalam membangun ekosistem kendaraan listrik sebab memiliki potensi yang besar dalam bahan baku baterai kendaraan listrik.

“Dengan adanya konektivitas dan edukasi, saya pikir Indonesia akan menjadi negara hebat di dunia,” ucap Elon Musk.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakin bos Tesla Inc, Elon Musk, tertarik untuk membangun pabrik kendaraan bermotor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

Baca juga: Presiden Amerika Serikat Joe Biden Pakai The Beast buat KTT G20

CEO SpaceX Elon Musk menyambut Jokowi di Gedung Stargate SpaceX. Keduanya melakukan pertemuan sebelum mengunjungi fasilitas SpaceX. B20 Summit 2022 Bali akan menghadirkan CEO Tesla Elon Musk hingga Chairman of Alibaba Group Daniel Zhang.BIRO SETPRES via VOA INDONESIA CEO SpaceX Elon Musk menyambut Jokowi di Gedung Stargate SpaceX. Keduanya melakukan pertemuan sebelum mengunjungi fasilitas SpaceX. B20 Summit 2022 Bali akan menghadirkan CEO Tesla Elon Musk hingga Chairman of Alibaba Group Daniel Zhang.

Pasalnya, Tanah Air memiliki berbagai aspek yang mendukung terciptanya atas ekosistem industri terkait. Saat ini, proses negosiasi mengenai hal tersebut masih berlangsung.

"Kami masih dalam proses berbicara dengan Elon Musk, dengan Tesla. Tetapi saya meyakini, Tesla akan membangun pabrik baterai dan industri mobil di Indonesia," kata Jokowi dalam wawancara dengan Pemimpin Redaksi The Economist, dikutip dari siaran YouTube (13/11/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.