Kompas.com - 15/11/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemimpin dunia yang memilih untuk menggunakan kendaraan khusus selama KTT G20 di Bali. Salah satunya adalah Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Pemimpin negara yang dikenal dengan inisial MBZ ini tidak menggunakan Genesis G80, seperti yang sudah disediakan oleh Indonesia. Namun, MBZ justru terlihat menggunakan Audi A8 L.

Baca juga: Berikut Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama KTT G20 Berlangsung

Tentunya, mobil ini bukan sembarang sedan. Audi A8 L merupakan kendaraan anti-peluru, baik pada bagian kaca maupun bodinya.

Audi A8 L Anti-peluru yang digunakan oleh Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan dalam KTT G20 di BaliDok. YouTube Sekretariat Presiden Audi A8 L Anti-peluru yang digunakan oleh Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan dalam KTT G20 di Bali

Tercatat bobot mobil ini mencapai 3.875 kg, berkat penambahan pelindung pada seluruh bagian mobil. Selain itu, disematkan juga beragam perangkat keras untuk meningkatkan perlindungan penggunanya.

Dikutip dari Motor1.com, Selasa (15/11/2022), mengubah A8 L biasa menjadi spesifikasi Security, membutuhkan waktu ekstra hingga 400 jam pengerjaan di satu fasilitas khusus.

Baca juga: 41 Unit Bus Listrik Digunakan Selama KTT G20, 30 Buatan Indonesia

Mobil ini diuji ketahanannya dari serangan, mulai penembak jitu, granat tangan, hingga serbuan peluru. Dengan ban run flat tire (RFT), mobil ini juga masih bisa melaju dalam jarak dan kecepatan tertentu, meskipun ban bocor.

Interior Audi A8 LDok. Motor1.com Interior Audi A8 L

Untuk dapur pacunya sendiri, Audi mengandalkan mesin twin-turbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 563 tk dan torsi 800 Nm.

Kemampuan akselerasinya juga luar biasa, yakni 6,3 detik untuk 0-100 Kilometer per jam. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim dapat tembus hingga 210 Kilometer per jam.

Untuk segmen mobil pengawalan, Audi A8 L ini bersaing langsung dengan Mercedes-Benz S-Class Guard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.