Kompas.com - 14/11/2022, 12:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil yang jarang digunakan, atau parkir lama di garasi biasanya akan mengalami aki tekor. Hal itu dikarenakan aki tidak mendapatkan pengisian, sementara itu daya listrik lama-lama bisa berkurang dengan sendirinya.

Biasanya, pemilik kendaraan akan memanggil tukang aki untuk menyelesaikan persoalan ini. Tujuannya, tidak lain agar aki diperiksa apakah perlu ganti atau masih bisa digunakan kembali.

Salah satu cara yang ditempuh adalah melakukan percobaan untuk mengecas aki atau pengisian daya aki. Berapa lama sih pengisian aki mobil ini?

Baca juga: Begini Efek Samping Bila Sering Jumper Aki

Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.Dicky Aditya Wijaya Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan lama pengisian daya listrik pada aki mobil bisa sangat bervariasi, tergantung kapasitas aki tersebut, serta kondisi aki itu sendiri yang pastinya setiap aki berbeda-beda kondisinya.

“Lama pengisian daya aki tergantung dengan kondisinya, kapasitas aki juga mempengaruhi, untuk aki yang masih normal biasanya 30 menit saja sudah penuh untuk aki dengan kapasitas 60 Ah,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan kondisi aki akan menentukan lama waktu pengisian, hal itu berkaitan dengan kemampuan aki dalam menyimpan daya.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

“Biasanya kalau aki sudah mulai rusak, dia akan mengalami penurunan kemampuan dalam menyimpan arus listrik, sehingga arus listrik yang disuplai tidak akan menambah kapasitas aki dengan waktu yang tepat,” ucap Wawan.

Dia mengatakan selain kondisi aki, kapasitas aki itu sendiri juga menentukan lama waktu pengisian aki.

“Semakin besar kapasitas aki, sudah pasti akan membuat pengisian aki semakin lama, bila menggunakan volt ampere yang standar, kan sebenarnya pengisian aki bisa dipercepat waktunya dengan menyetel volt amperenya,” ucap Wawan.

Baca juga: Apa Efek Samping Melepas Aki Innova Diesel Sembarangan?

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

Dia mengatakan pengisian aki yang standar tersebut maksudnya ampere dan voltase daya listrik yang masuk disesuaikan besar kecilnya.

“Standarnya arus yang masuk 5 ampere, sedangkan voltasenya menyesuaikan, maksimal 14 volt,” ucap Wawan.

Jadi, lama waktu pengisian aki mobil bisa sangat bervariasi tergnatung dengan kapasitas akinya, kondisinya, serta pengaturan alatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.