Apa Efek Samping Melepas Aki Innova Diesel Sembarangan?

Kompas.com - 12/11/2022, 14:22 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Saat menghidupkan mesin Innova diesel dibutuhkan suatu komponen yang dapat menghasilkan tenaga listrik. Sementara ini, aki menjadi komponen yang cukup diandalkan untuk menggerakkan motor starter.

Selain sebagai sumber tenaga listrik pada saat mesin awal dihidupkan, aki juga menjadi penyuplai arus listrik pada setiap komponen elektrik pada mesin Innova diesel seperti kelistrikan mesin, bodi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, ketika aki pada Innova diesel ini dilepas, maka dampaknya bisa cukup serius. Bisa menyebabkan mesin mogok bila aki tidak segera dipasang kembali.

Baca juga: Dampak Mengganti Aki Mobil Lebih Besar dari Standar Pabrikan

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Kepala Bengkel Nasmoco Klaten, Bitok Kasdik, mengatakan pelepasan kabel aki pada mesin innova diesel ketika mesin sedang bekerja berdampak negatif terhadap aki dan efek samping lainnya

“Kalo terminal aki sengaja dilepas ketika mesin bekerja, mesin mobil akan tetap menyala tetapi sistem pengisian aki tidak bekerja, jika dibiarkan lama-lama aki akan tekor karena pengosongan sendiri,” ucap Bitok kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan sebaiknya tidak melepas aki Innova diesel ketika mesin sedang bekerja, hal itu bisa menyebabkan aki tekor. Sementara melepas aki ketika mesin mati, maka efeknya mesin tidak akan bisa dihidupkan.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per November 2022

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

“Nah, kalau melepas aki sementara saat mesin mati, lalu dipasang kembali, maka dampaknya hanya hilangnya memori pada settingan mobil,” ucap Bitok.

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan pelepasan aki ketika Innova diesel sedang bekerja bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan.

“Alternator menjadi bekerja terlalu keras karena sendirian berupaya memenuhi kebutuhan listrik pada mobil, itu bisa menyebabkan sistem kelistrikan pada mobil terganggu,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Ketahui Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Dia mengatakan pelepasan aki ketika mesin Innova diesel bekerja tidak disarankan karena terlalu berisiko terhadap komponen kelistrikan pada mobil.

“Sedangkan bila pelepasan aki dilakukan ketika mesin mati, lalu dipasang kembali, hal itu tidak masalah, hanya memori pada radio, jam dan biasanya auto power window saja yang hilang dan diperlukan pengaturan ulang,” ucap Didi.

Jadi, pelepasan aki pada mesin Innova diesel perlu memperhatikan prosedur yang benar biar tidak terjadi kerusakan pada komponen mesin. Sementara ketika melepas aki dalam kondisi mesin mati, perlu dilakukan penyetelan ulang memori pada head unit seperti radio, jam dan auto power window.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.