Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Pengisian Daya Aki Mobil?

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil yang jarang digunakan, atau parkir lama di garasi biasanya akan mengalami aki tekor. Hal itu dikarenakan aki tidak mendapatkan pengisian, sementara itu daya listrik lama-lama bisa berkurang dengan sendirinya.

Biasanya, pemilik kendaraan akan memanggil tukang aki untuk menyelesaikan persoalan ini. Tujuannya, tidak lain agar aki diperiksa apakah perlu ganti atau masih bisa digunakan kembali.

Salah satu cara yang ditempuh adalah melakukan percobaan untuk mengecas aki atau pengisian daya aki. Berapa lama sih pengisian aki mobil ini?

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan lama pengisian daya listrik pada aki mobil bisa sangat bervariasi, tergantung kapasitas aki tersebut, serta kondisi aki itu sendiri yang pastinya setiap aki berbeda-beda kondisinya.

“Lama pengisian daya aki tergantung dengan kondisinya, kapasitas aki juga mempengaruhi, untuk aki yang masih normal biasanya 30 menit saja sudah penuh untuk aki dengan kapasitas 60 Ah,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan kondisi aki akan menentukan lama waktu pengisian, hal itu berkaitan dengan kemampuan aki dalam menyimpan daya.

“Biasanya kalau aki sudah mulai rusak, dia akan mengalami penurunan kemampuan dalam menyimpan arus listrik, sehingga arus listrik yang disuplai tidak akan menambah kapasitas aki dengan waktu yang tepat,” ucap Wawan.

Dia mengatakan selain kondisi aki, kapasitas aki itu sendiri juga menentukan lama waktu pengisian aki.

“Semakin besar kapasitas aki, sudah pasti akan membuat pengisian aki semakin lama, bila menggunakan volt ampere yang standar, kan sebenarnya pengisian aki bisa dipercepat waktunya dengan menyetel volt amperenya,” ucap Wawan.

Dia mengatakan pengisian aki yang standar tersebut maksudnya ampere dan voltase daya listrik yang masuk disesuaikan besar kecilnya.

“Standarnya arus yang masuk 5 ampere, sedangkan voltasenya menyesuaikan, maksimal 14 volt,” ucap Wawan.

Jadi, lama waktu pengisian aki mobil bisa sangat bervariasi tergnatung dengan kapasitas akinya, kondisinya, serta pengaturan alatnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/14/121200315/berapa-lama-pengisian-daya-aki-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke