Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Kompas.com - 13/11/2022, 10:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Aki mobil bisa saja tekor dalam waktu semalam saat mobil diparkir di garasi. Hal ini kerap dikeluhkan oleh sebagian orang, tiba-tiba mobil tidak bisa distarter di pagi harinya.

Ada yang mengatakan, hal itu bisa terjadi karena selama mobil parkir sakelar AC masih pada posisi hidup, maka dari itu arus listrik di aki terbuang sia-sia.

Namun, apakah benar anggapan tersebut?

Baca juga: Bahaya Menyalakan Lampu Kabin Saat Berkendara pada Malam Hari

Modifikasi interior mobil - vertueVertue Modifikasi interior mobil - vertue

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan yang membuat aki tekor dalam semalam bukan sakelar AC karena selama kunci kontak Off maka arus listrik tidak akan mengalir ke sistem AC.

“Sistem AC tidak akan aktif selama kunci kontak Off, jadi meski sakelar AC dalam posisi On maka hal itu tidak akan berpengaruh terhadap aki selama tidak ada kebocoran arus listrik,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

Dia mengatakan justru peluang terjadinya aki tekor karena arus listrik bocor adalah sistem elektrikal yang tetap bisa hidup meski dalam kondisi kunci kontak Off, seperti lampu.

Baca juga: Mengapa Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari?

Interior kabin Chery Tiggo 8 Pro dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Chery resmi membuka pemesanan awal untuk model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di GIIAS 2022.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Interior kabin Chery Tiggo 8 Pro dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Chery resmi membuka pemesanan awal untuk model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di GIIAS 2022.

“Misal lampu kepala, lampu kabin, klakson, semua itu akan bisa dihidupkan dari saklar meski kunci kontak pada posisi Off,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan salah satu saklar yang sering lupa adalah lampu kabin ketika pintu terbuka.

“Lampu kabin dilengkapi dengan sekelar yang terhubung dengan pintu, sehingga lampu akan mati atau hidup bila lampu ditutup atau dibuka, nah kalau menutupnya pintu mobil kurang rapat maka semalaman lampu akan terus menyala,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Lampu Kabin Bernuansa Kafe Jadi Andalan Bus AKAP

Dengan nyala lampu tersebut, maka dalam waktu semalam aki akan mengalami tekor. Sehingga, sakelar lampu kabin menjadi sangat penting untuk selalu dipastikan sudah mati atau masih hidup.

Jadi, yang menyebabkan aki tekor dalam waktu semalam bukan saklar AC, melainkan saklar lampu kabin. Pastikan sekelar ini pada posisi Off sebelum memarkir mobil di garasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com