Kompas.com - 13/11/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mobil listrik barbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) sudah siap digunakan untuk menunjang mobilitas tamu negara selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang.

Sekertaris Kementerian Sekertariat Negara Setya Utama menyebut, sedikitnya terdapat 962 unit kendaraan ramah lingkungan yang sudah disiapkan, di mana 838-nya merupakan mobil listrik.

"Ada 838 mobil listrik bagi VVIP dan deligasi yang didukung Hyundai, Toyota, dan Wuling selama 15-16 November 2022," kata Sekertaris Kemensekneg Setya Utama dalam keterangannya belum lama ini.

Baca juga: 836 Mobil Listrik Siap Pakai untuk KTT G20, Ini Daftarnya

Anggota Paspampres berjaga di samping mobil listrik yang akan digunakan oleh delegasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/11/2022).ANTARA FOTO via BBC INDONESIA Anggota Paspampres berjaga di samping mobil listrik yang akan digunakan oleh delegasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/11/2022).

Dari jumlah tersebut, 42 unit-nya untuk kendaraan pengawalan (Hyundai Ioniq dan Hyundai Ioniq 5), 131 unit untuk digunakan para kepala negara (Genesis G80), serta 102 unit Lexus UX300e, 41 unit Toyota bZ4X, dan 300 unit Wuling Air EV sebagai kendaraan deligasi,

Lebih rinci, berikut spesifikasi kendaraan listrik yang siap mendukung mobilitas para deligasi selama KTT G20 di Bali nanti;

Handover Ceremony Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Handover Ceremony Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).

Genesis G80

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menurunkan sedikitnya 131 unit Genesis G80 untuk mendukung gelaran KTT G20. Kendaraan ini bakal digunakan para Kepala Negara seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

President Hyundai Motor Asia Pacific, Young Tack Lee menjelaskan, dari jumlah itu 44 unit di antaranya merupakan edisi spesial yang sudah diperpanjang 20 cm agar menambah kenyamanan.

"Selain panjangnya, ini sudah include di dalam logo-logo G20. Uniknya, mobil hanya diproduksi untuk acara G20 di Bali, Indonesia. Jadi sangatlah khusus," kata dia.

Namun secara spesifikasi, tidak ada perbedaan signifikan di 131 unit Genesis G80 terkait. Kendaraan juga belum dilengkapi kaca anti peluru, alias standar pabrikan saja.

Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase akan digunakan sebagai kendaraan VVIP, sedangkan Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan Hyundai IONIQ 5 akan digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.Hyundai Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase akan digunakan sebagai kendaraan VVIP, sedangkan Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan Hyundai IONIQ 5 akan digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.