Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diperkenalkan pertama kali pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Toyota Astra Motor akhirnya resmi meluncurkan Toyota bZ4X untuk pasar Tanah Air pada Kamis (10/11/2022).

Mobil listrik murni asal produsen Jepang ini dibanderol Rp 1,190 miliar dengan satu varian yang tersedia yakni penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Meski baru diluncurkan, Toyota sudah bisa memprediksi bahwa bZ4X kemungkinan akan mengalami inden yang sangat panjang. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Anton Jimmy Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM).

Baca juga: Toyota bZ4x Meluncur, Bagaimana dengan Prius PHEV?

“Perkiraan kami, Toyota bZ4X akan inden panjang. Tadi yang saya katakan, satu sampai dua hari ini saja banyak yang sudah menanyakan (bZ4X). Bahkan, salah satu diler tadi saya telepon sudah 50 (pemesanan). Jadi kalau kita kumpulkan bisa ratusan,” ucap Anton, di sela-sela peluncuran Toyota bZ4X, di Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Sebagai informasi, Toyota bZ4X hanya akan tersedia sekitar 50 sampai 60 unit hingga akhir tahun ini. Rinciannya, terdapat 41 unit bZ4X lepas pakai kendaraan resmi KTT G20 di Bali serta tambahan pasokan.

Namun, jika berkaca dari animo masyarakat yang sangat besar, Anton menjelaskan kemungkinan adanya tambahan alokasi untuk Toyota bZ4X.

“Di satu sisi animo yang baik itu merupakan hal yang positif, berarti memang produk kita diterima. Berdasarkan hal itu kita juga punya spirit dan motivasi untuk minta (tambahan alokasi) ke pabrik,” kata dia.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Toyota bZ4X Baru Dikirim Bulan Depan

“Karena selama ini kalau dari kacamata global orang Jepang atau Amerika menganggap ‘berapa sih market mobil listrik di Indonesia’. Ternyata berkembang, dan di merek-merek lainnya juga cukup bagus. Jadi kita yakin dengan animo ini kami akan minta tambahan alokasi dan produksi,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.