Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecas Toyota bZ4X di Rumah Butuh Daya Minimal 3.500 Watt

Kompas.com - 11/11/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan mobil listrik murni pertamanya di Indonesia, yakni bZ4X.

SUV listrik besutan produsen Jepang ini pun sudah bisa dipesan oleh konsumen di diler-diler Toyota, dengan banderol Rp 1,190 miliar.

Kehadiran mobil ini cukup banyak dinanti oleh pencintanya. Sebab, tak sedikit yang menilai teknologi listrik menghadirkan beragam kemudahan bagi para penggunanya, seperti pengisian daya (charge) yang bisa dilakukan di rumah layaknya perangkat elektronik.

Baca juga: Toyota Prediksi Inden bZ4X Bakal Mengular

Kendati demikian, ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat melakukan pengisian daya mobil listrik di tempat tinggal. Salah satunya kapasitas watt yang harus mencukupi.

Untuk hal ini, Toyota merekomendasikan daya listrik minimal di rumah adalah 3.500 watt.

Port charging Toyota bZ4XKompas.com Port charging Toyota bZ4X

“Untuk portable charging itu minimal 3.500 watt dan untuk yang wall charging itu minimal 7.700 watt, karena kita susah menyediakan dua-duanya, tinggal konsumen menyesuaikan,” ucap Anton Jimmy Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela peluncuran Toyota bZ4X, di Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Sebagai informasi, Toyota bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh.

Adapun untuk waktu pengisian menggunakan sistem DC output (fast charging) membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan sistem pengisian cepat 150 kW.

Sedangkan pengisian daya menggunakan AC dengan voltase 6,6 kW memakan waktu sekitar 9-10 jam.

Baca juga: Skema Kredit Toyota bZ4X, Cicilan Mulai Rp 19 Jutaan

Selain itu, Toyota juga merekomendasikan para konsumen melakukan pemasangan wall charger di rumah.

“Pastinya rekomendasi kita untuk pemasangan wall charger. Sebelum kita jual, kita juga sudah diskusi dan kita support dari PLN karena kita menyediakan mobil dan charger, tetapi kan yang menyediakan listriknya itu dari PLN. Dari PLN juga sudah memberikan support dan tidak akan mempersulit untuk konsumen kita,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com