Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Nataru

Kompas.com - 10/11/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia mulai menyiapkan sejumlah pengaturan lalu lintas menjelang periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 alias Nataru.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Cryshnanda Dwilaksana meyatakan, dalam pengaturan lalu lintas periode terkait diperlukan manajemen kebutuhan, kapasitas, prioritas, kecepatan, dan kedaruratan.

Guna mencapai hal tersebut, sejauh ini Polri telah melakukan beberapa skema pengaturan. Pertama, adanya sistem rekayasa lalu lintas berupa arus buka tutup, contra flow, dan one way.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Guangzhou Meroket, Pasokan Komponen Berpotensi Macet

Ilustrasi kemacetan.Arimbi Ramadhiani Ilustrasi kemacetan.

Selain itu, dia juga mendukung sistem digitalisasi yang telah dilakukan oleh operator pelabuhan, yakni PT ASDP Indonesia (Persero). Menurut Cryshnanda, digitalisasi akan memudahkan bagi pemerintah untuk mengukur ketersediaan kapasitas.

Di sisi lain, masyarakat juga diuntungkan dengan adanya jejak digital yang dapat dipertanggungjawabkan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami membuat sistem rekayasa lalu lintas, arus buka tutup, contra flow dan one way juga diberlakukan, sesuai dengan kondisi di lapangan," ujarnya, belum lama ini.

Apabila lalu lintas kendaraan masuk Pelabuhan Merak bersifat normal, hanya dilakukan tindakan pengamanan personel siaga di pos.

Baca juga: Toyota bZ4X Meluncur Besok, Intip Estimasi Harganya

Gerbang Tol (GT) Bitung, Jalan Tol Manado-Bitung.Dok. PT Jasamarga Manado Bitung Gerbang Tol (GT) Bitung, Jalan Tol Manado-Bitung.

Kemudian, apabila situasi kuning atau terjadi antrean kendaraan bermotor sampai keluar Pelabuhan Merak, tindakan pengamanan dilakukan dengan penambahan pers, penyekatan kendaraan roda empat atau lebih di flyover Cikuasa atas.

Di sisi lain, apabila terjadi kepadatan, arus mudik menuju Sumatra dari gerbang Tol Merak menuju pelabuhan melalui jalur flyover dialihkan melalui gerbang bawah atau arteri.

Namun, bila terjadi kepadatan di pelabuhan, kendaraan penumpang akan di tempatkan di kantong-kantong parkir sebelum naik flyover dan mengatur buka tutup gerbang Tol Merak Cilegon Barat, Cilegon Timur diarahkan melalui jalan arteri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.