Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia melalui agen pemegang mereknya, PT Toyota Astra Motor (TAM) dakan meluncurkan mobil listrik berbasis baterai terbaru, yaitu bZ4X pada pekan ini.

Kabar tersebut dipastikan setelah pihak pabrikan memberikan undangan ke redaksi Kompas.com atas peluncurannya yang dijadwalkan pada Kamis, 10 November 2022 besok di Jakarta.

“Untuk kawan media, kami dengan hormat mengundang Anda ke peluncuran All New bZ4X Bettery EV,” tulis Toyota.

Baca juga: Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid Lengkap dengan Sunroof

Foto stok: Toyota bZ4X.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Toyota bZ4X.

Apabila tidak ada halangan, maka produk yang menjadi salah satu kendaraan resmi untuk tamu KTT G20 ini menjadi mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) pertama merek Toyota di pasar dalam negeri.

Lantas jika hadir di pasar dalam negeri, kira-kira berapa harga yang pantas untuk mobil terbaru ini?

Dalam kesempatan terpisah, Marketing Director TAM Henry Tanoto sempat mengatakan bahwa bZ4X akan diposisikan di bawah Lexus UX300e yang kini diperuntukkan sebagai kendaraan listrik premium.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ToyotaID (@toyotaid)

Sehingga, kehadiran bZ4X untuk pasar Indonesia sendiri, tidak akan langsung bersinggungan dengan produk kendaraan dari Toyota Indonesia lainnya. Tidak terkecuali model mobil listrik Lexus.

"Lexus itu lebih premium, jadi mereka fokus ke mobil kesekian. Bahkan ada dari beberapa konsumen ketemu saya, katanya ini (UX300e) jadi mobil ketujuhnya," kata Anton

"Jadi segmennya agak beda. Mungkin orang hanya melihat size, tapi kita juga melihat kemewahannya ya seperti ada wood panel, bahan leather-nya, trim-nya, dan lain-lain. Jadi tetap segmennya kita pisahkan meski secara ukuran bZ4X lebih besar," lanjut dia.

Artinya, banderol bZ4X nanti tidak akan mencapai Rp 1,2 miliar sebagaimana harga jual UX300e. Tetapi, tentu berada di atas beberapa kendaraan populer Toyota lain seperti Kijang Innova yang berada di kisaran Rp 500 juta.

Baca juga: Simak Cara dan Syarat Perpanjangan STNK Tahunan

Mesin Toyota bZ4XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mesin Toyota bZ4X

Mengingat di China saja yang memiliki subsidi besar terhadap kendaraan listrik, mobil dipasarkan dengan harga dimulai dari 27.800 dollar AS atau setara dengan harga Rp 434 juta. 

Sebagai informasi, penamaan awal pada model BEV 'bZ' memiliki arti ‘Beyond Zero’ yang artinya semua series Toyota berawalan bZ dikatakan sebagai kendaraan dengan kontribusi nol emisi bagi lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.