Kompas.com - 08/11/2022, 18:12 WIB

DEMAK, KOMPAS.com - Toyota Innova reborn diesel tetap menjadi andalan masyarakat Indonesia. Pasalnya, mobil ini diklaim lebih irit bahan bakar serta memiliki ketangguhan mesin yang tidak diragukan lagi.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan kabin yang luas serta memiliki desain yang sporty dan modern. Hal itu membuat Innova reborn diesel makin menawan.

Hingga menjelang peluncuran Innova Hybrid, Innova reborn diesel masih saja memiliki harga jual yang tinggi di pasaran. Tidak heran, hal itu bisa terjadi lantaran kualitas mobil tersebut memang jempolan.

Baca juga: Efek Samping Paksa Innova Diesel Minum Solar Murah

Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar DesignCHANUT WANNASARNMETHA Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar Design

 

Namun, tidak sedikit pula pemilik Innova diesel masih kurang memahami dampak buruk penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah. Hal itu tentu saja membuat Innova reborn diesel mengalami penurunan performa.

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan performa mesin Innova diesel pasti akan menurun bila dipaksa menenggak solar yang berkualitas rendah.

“Banyak ruginya menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah, dari sisi performa tentu rasanya beda antara bahan bakar yang bagus dan jelek, bahkan secara perawatan bahan bakar yang berkualitas rendah bikin banyak masalah,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Daftar Harga Innova Diesel Generasi ke-3 Mulai Rp 195 Jutaan

Mesin Innova DieselDicky Aditya Wijaya Mesin Innova Diesel

Dia mengatakan performa Innova diesel akan optimal bila menggunakan bahan bakar yang dianjurkan oleh pabrikan.

“Seharusnya, Innova diesel menggunakan bahan bakar Pertamina Dex dengan nilai cetan yang tinggi serta kandungan sulfur yang kurang dari 50 ppm, hal itu sesuai dengan saran pabrikan dan sesuai dengan aturan Euro 4,” ucap Eko.

Dia mengatakan selain tenaga yang dihasilkan berkurang akibat kualitas bahan bakar, hal itu juga akan berdampak pada cepatnya interval penggantian filter bahan bakar.

Baca juga: Daftar Harga Innova Diesel Generasi Ke-2, Mulai Rp 182 Jutaan

Modifikasi Toyota Innova diesel 2015doc pribadi Askasifi Eka Cesario Modifikasi Toyota Innova diesel 2015

“Dengan bahan bakar yang banyak mengandung sulfur atau solar berkualitas rendah, maka filter solar akan cepat kotor dan tersumbat, hal itu membuatnya perlu diganti lebih sering,” ucap Eko.

Jadi, memang pada dasarnya Innova diesel cocok mengkonsumsi bahan bakar yang berkualitas tinggi. Terlebih lagi mesin mobil ini sudah menggunakan sistem Common Rail yang bertekanan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.