Kompas.com - 08/11/2022, 17:21 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Saat ini, lini produk Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia terdiri dari berbagai model dan semuanya masih memakai model konvensional. Memang, ada juga yang sudah dilengkapi turbo seperti CR-V, HR-V RS dan Civic.

Walau begitu, Honda masih belum punya lini produk elektrifikasi sampai sekarang. Rencananya, baru ada dua varian hybrid yang akan didatangkan HPM ke Indonesia.

Lalu, bagaimana rencana HPM untuk menuju net zero emission yang ditargetkan berlangsung pada 2060?

Baca juga: Kabar Soal Honda Mobilio, Masih Dipertahankan

CR-V HybridKompas.com/ApridaMegaNanda CR-V Hybrid

Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT HPM mengatakan, Honda tidak akan langsung menawarkan lini produk Battery Electric Vehicle (BEV) atau kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia, tapi bertahap.

"Bagi Honda, hybrid itu pendorong utama untuk elektrifikasi. tujuannya kan sama, mengurangi emisi, sampai net zero emission di 2060," ucap Billy di Bogor, Minggu (6/11/2022).

Kemudian, menuju net zero emission tidak hanya berpaku pada kendaraan listrik, tapi juga mesin konvensional. Mengingat semakin modern mesin, teknologi yang digunakan juga makin efisien dan hasilnya emisi gas buang lebih rendah.

Baca juga: Spyshot, Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid


"Bagi kami, Internal Combustion Engine (ICE) saja sudah berparitisapasi kalau kita develop yang ramah lingkungan, fuel efficiency baik," kata Billy.

Jadi bisa dibilang semua model bisa berpartisipasi dalam mengurangi emisi. Kemudian untuk mengarah ke BEV, kendaraan dengan sistem hybrid dinilai paling pas untuk masa transisi dari ICE ke BEV.

"Hybrid kita anggap sebagai pendorong utama elektrifikasi karena ada baterai dan mesin. Jadi sebagai transisi atau jembatan menuju full elektrifikasi dan hybrid sebagai opsi sampai seluruh varian sudah BEV," kata Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.