SUV Tangguh Republik Motor Ksatria, Dibekali Mesin Mercy G-Class

Kompas.com - 04/11/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Republik Motor, membawa dua unit mobil yang unik ke Indo Defence Expo & Forum. Mobil tersebut punya nama Ksatria, ada yang model SUV lima pintu dan double cabin.

Secara tampilan, saat awal melihat memang jadi terbayang Mercedes Benz G Class namun lebih streamline modelnya. Tapi ternyata, mobil ini sebenarnya punyak merek Force Motors dari India dengan nama Gurkha.

Jadi bisa dikatakan kalau Republik Motor bekerja sama dengan Force Motors untuk membawa Gurkha ke Indonesia. Tapi di Indonesia, namanya diganti jadi Ksatria dan rencananya akan diproduksi secara lokal.

Baca juga: Mitsubishi Tambah Jaringan Diler di Sumatera Utara

Republik Motor KsatriaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Republik Motor Ksatria

Dari tampilannya, memang mirip dengan Mercedes Benz G-Class, tampak dari lampu utamanya yang bulat dan lampu sein di atas kap mesin. Selain itu, desainnya juga mengotak.

Apalagi jika dilihat dari samping, tidak banyak tarikan garis yang tegas, sangat sederhana. Pada bagian belakang pun sama, mengotak, lampu kombinasi LED dan ada bando untuk ban serep.

Secara mesin, Ksatria dibekali mesin dari Mercedes Benz, OM 616 yang legendaris. Mesin diesel dengan kapasitas 2.600 cc menghasilkan tenaga 91 TK dan torsi 250 Nm.

Baca juga: Dari Main Golf, Cerita Awal Mula Kartel Harga Honda dan Yamaha

Republik Motor KsatriaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Republik Motor Ksatria

Sebenarnya, mesin Mercedes Benz ini sudah digunakan dari 1970-an, tapi Force Motors punya lisensinya untuk produksi sampai sekarang. Jadi soal ketahanan mesinnya masih bisa diandalkan terutama untuk off-road.

Pada unit yang ditampilkan di Indo Defence Expo & Forum, varian SUV bisa diisi sampai enam orang. Sedangkan yang double cabin, di bagian bak seperti dipasang rocket launcher yang menambah garang tampilan mobil.

Republik Motor KsatriaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Republik Motor Ksatria

Memang, secara desain interior juga cukup sederhana, lebih mengutamakan fungsi. Ada fitur seperti tilt & telescopic steering, serta head unit layar sentuh untuk sistem hiburannya.

Saat ini, Republik Motor Ksatria masih ditawarkan kepada instansi pemerintah, tapi tidak menutup kemungkinan akan dikomersialkan. Bahkan katanya, harga dari Ksatria ini diusahakan tidak lebih dari Rp 500 juta, menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.