Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkomunikasi di Jalan, Baiknya Pakai Klakson atau Lampu Jauh?

Kompas.com - 02/08/2022, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Komunikasi antar sesama pengendara menjadi hal yang penting dilakukan di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari risiko, seperti kecelakaan dan lainnya.

Tiap kendaraan memiliki alat komunikasi, yakni klakson sebagai kode suara, serta lampu seperti sein dan high beam (lampu jauh) untuk kode visual.

Karena itu, pengendara mobil dan sepeda motor wajib memperhatikan fungsinya. Namun banyak pertanyaan, mana yang paling tepat digunakan dari kedua alat komunikasi tersebut?

Menjawab hal ini, Jusri Pulubuhu, Training Director sekaligus founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, lampu jauh dan klakson saling melengkapi satu sama lain.

Baca juga: Siap Meluncur, Suzuki S-Presso Pakai Transmisi AGS

Bunyi klakson memberikan peringatan kendaran lain agar lebih hati-hati. Lampu jauh bisa jadi kode meminta izin menyalip atau pindah jalur. 

Etika membunyikan klaksonDicky Aditya Wijaya Etika membunyikan klakson

"Kedipan lampu jauh atau dim jadi isyarat meminta izin untuk mendahului. Beda kalau klakson, biasanya digunakan memperingatkan kendaraan yang ada disekitar agar tidak asal potong jalan atau berkendara ngawur," kata Jusri, dihubungi Kompas.com, Selasa (2/8/2022). 

Perlu digaris bawahi, penggunaan klakson maupun lampu jauh tak boleh berlebihan, karena bia menggangu konsentrasi dan fokus pengguna jalan lain. 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, komunikasi bahasa isyarat ada aturannya. 

Berkomunikasi di jalan raya tergantung dari apa kepentingannya, kapan waktunya, dan dengan siapa ditujukannya.

Baca juga: Ada Hyundai Stargazer, Cek Persaingan Harga MPV Murah Agustus 2022

“Kalau malam hari lebih efektif menggunakan lampu. Sedangkan kalau siang hari, gunakan lampu atau klakson tergantung dari kepentingannya,” ucap Sony.

Lampu jauh pada mobil- Lampu jauh pada mobil

Salah satunya, bunyi klakson bisa digunakan memberikan tanda isyarat kepada kendaraan besar yang belum tentu melihat kode komunikasi dengan lampu jauh. 

"Jika akan menyalip sebuah truk atau kendaraan besar, banyak area blindspot yang berbahaya. Meski sudah memberikan isyarat lampu dim, bunyi klakson bisa digunakan untuk tanda ada kendaraan akan mendahului," tambahnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com