Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bus Baru PO SAN, Pakai Bodi Jetbus 3+ SHD Spesial

Kompas.com - 03/11/2022, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja mengeluarkan dua bus baru milik PO Siliwangi Antar Nusa, Rabu (2/11/2022). Kedua bus memakai bodi spesial, pesanan khusus dari PO SAN.

Bisa dibilang, PO SAN memang kerap melakukan ubahan pada bus pesanannya di Karoseri. Untuk dua unit yang keluar kali ini, diberi nama Jetbus SD-V 3++ yang memakai basis Jetbus 3+ SHD.

Sebenarnya, bus ini sudah dipamerkan Karoseri Adiputro pada ajang Busworld 2022 awal Oktober lalu. Namun setelah pameran, bus dibawa lagi ke karoseri untuk dipasang stiker atau livery yang menandakan bus PO SAN.

Baca juga: Sempati Star Keluarkan Bus Baru dari Adiputro, Kabin Super Nyaman

Kabin bus AKAP baru PO SAN Adiputro Kabin bus AKAP baru PO SAN

Kembali bahas busnya, PO SAN melakukan sedikit ubahan di bagian depan. Kalau dilihat secara seksama, bagian bumper depan dibuat lebih naik, jadi ground clearance makin tinggi.

Sedangkan di bagian atas kaca depan, dibuat sedikit turun. Hasilnya, muka dari Jetbus SD-V 3++ ini jadi lebih proporsional, apalagi adanya bagian di atas lampu depan yang dicat abu-abu, menambah kesan elegan.

Beralih ke bagian samping, bisa dilihat selendang yang digunakan sudah pernah terlihat pada bus PO SAN sebelumnya, yakni SD-V 3+. Selain itu, pada bagian samping juga dihilangkan ornamen hiasan yang ada di atas kaca, jadi bentuk bus semakin clean.

Baca juga: Pengemudi Damkar Dilatih Defensive Driving

Untuk bagian kabin, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, tidak banyak tambahan di bagian kabin.

"Bangku tanpa leg rest disusun 2-2 dan ada toilet di tengah kabin," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022).

Untuk sasis, PO SAN memilih buatan Swedia, yakni Scania K410iB 6x2. Bus bertenaga sekitar 410 TK ini cocok dipasang dengan bodi Jetbus SD-V 3++ yang punya panjang sampai 13,5 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com