Kompas.com - 03/11/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja mengeluarkan dua bus baru milik PO Siliwangi Antar Nusa, Rabu (2/11/2022). Kedua bus memakai bodi spesial, pesanan khusus dari PO SAN.

Bisa dibilang, PO SAN memang kerap melakukan ubahan pada bus pesanannya di Karoseri. Untuk dua unit yang keluar kali ini, diberi nama Jetbus SD-V 3++ yang memakai basis Jetbus 3+ SHD.

Sebenarnya, bus ini sudah dipamerkan Karoseri Adiputro pada ajang Busworld 2022 awal Oktober lalu. Namun setelah pameran, bus dibawa lagi ke karoseri untuk dipasang stiker atau livery yang menandakan bus PO SAN.

Baca juga: Sempati Star Keluarkan Bus Baru dari Adiputro, Kabin Super Nyaman

Kabin bus AKAP baru PO SAN Adiputro Kabin bus AKAP baru PO SAN

Kembali bahas busnya, PO SAN melakukan sedikit ubahan di bagian depan. Kalau dilihat secara seksama, bagian bumper depan dibuat lebih naik, jadi ground clearance makin tinggi.

Sedangkan di bagian atas kaca depan, dibuat sedikit turun. Hasilnya, muka dari Jetbus SD-V 3++ ini jadi lebih proporsional, apalagi adanya bagian di atas lampu depan yang dicat abu-abu, menambah kesan elegan.

Beralih ke bagian samping, bisa dilihat selendang yang digunakan sudah pernah terlihat pada bus PO SAN sebelumnya, yakni SD-V 3+. Selain itu, pada bagian samping juga dihilangkan ornamen hiasan yang ada di atas kaca, jadi bentuk bus semakin clean.

Baca juga: Pengemudi Damkar Dilatih Defensive Driving

Untuk bagian kabin, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, tidak banyak tambahan di bagian kabin.

"Bangku tanpa leg rest disusun 2-2 dan ada toilet di tengah kabin," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022).

Untuk sasis, PO SAN memilih buatan Swedia, yakni Scania K410iB 6x2. Bus bertenaga sekitar 410 TK ini cocok dipasang dengan bodi Jetbus SD-V 3++ yang punya panjang sampai 13,5 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.