Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 13:36 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran sepeda motor akhir tahun, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) kembali digelar pada 2 – 6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Pameran motor dua tahunan ini akan banyak menampilkan motor listrik. Dari total 25 merek motor yang ikut serta, lebih dari setengah yaitu 14 merek merupakan motor listrik.

Baca juga: Versi Hybrid Siap Meluncur, Ini Prediksi Nasib Innova Diesel Bekas

Honda PCX Electric pada ajang IEMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda PCX Electric pada ajang IEMS 2022

Adapun anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sebagai pihak yang punya hajat tampak belum akan punya jajaran resmi motor listrik.

“AISI sangat optimis penyelenggaraan IMOS tahun ini menghadirkan teknologi terkini sehingga para customer bisa terupdate mengenai perkembangan teknologi sepeda motor,” ujar Ketua Umum AISI Johannes Loman, dalam keterangan tertulis (27/10/2022).

Honda memang punya PCX Electric namun sejak 2019 motor masih disewakan ke perusahaan bukan dijual retail. Di sisi lain Honda Motor Co, makin serius menyasar segmen sepeda motor listrik.

Yamaha E01 saat disandingkan dengan Yamaha NMAX gen pertamaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha E01 saat disandingkan dengan Yamaha NMAX gen pertama

Prinsipal Honda mengatakan akan menghadirkan setidaknya 10 model motor listrik sampai 2025. Motor-motor tersebut bakal hadir dalam berbagai model.

Sedangkan Yamaha Indonesia masih fokus untuk melakukan pengujian Yamaha E01. Kemudian Kawasaki yang sudah memperkenalkan Elektrode yakni push bike electric trail untuk anak pada Juni 2022 baru dijual tahun depan.

Baca juga: Potong Suzuki Jimny demi Gaya Konvertibel

"Estimasi untuk bisa dijualbelikan di Indonesia, paling lambat kuartal kedua tahun 2023," kata Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, waktu itu.

Kawasaki ElektrodeKompas.com/Gilang Kawasaki Elektrode

Selain anggota AISI, beberapa merek sepeda motor lain, seperti Benelli, Husqvarna, Italjet, Keeway, KTM, Royal Alloy, dan Royal Enfield.

Serta termasuk juga sepeda motor listrik Davigo, Energica, ION Mobility, NIU, Polytron, Treeletrik, sementara Smartby EV Centre akan memamerkan U-Winfly, Volta, ECGO, BF Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda dan I Moto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.