Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 3 Tahun Bawa Honda Gold Wing

Kompas.com - 28/10/2022, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak seperti ayah. Jargon tua tersebut cocok untuk mengambarkan Zayn Sofuoglu, bocah berumur tiga tahun yang videonya viral karena mengendarai Honda Gold Wing berkubikasi 1.800 cc.

Zayn merupakan anak dari Kenan Sofuoglu. Mantan pebalap Turki sukses dengan torehan lima kali juara dunia Supersport World Championship. Kenan juga merupakan manajer Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu.

Zayn bisa disebut selebgram anak-anak. Dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, video dia mengendarai Gold Wing di sirkuit tertutup itu disukai hampir 200.000 orang.

Baca juga: Jadwal Pelayanan SIM Keliling Terdekat di Tangerang Selatan Hari Ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zayn Sofuo?lu???????????????? (@zaynsofuoglu)

 

Dalam video terlihat Zayn girang saat akan menaiki Gold Wing. Dia memakai baju balap lengkap dengan helm sedikit kebesaran dan bju balap yang tampaknya buat roda empat alias mobil.

Saat mengendarai Gold Wing Zayn berdiri karena kakinya belum bisa menapak tanah. Saat akan berhenti motor dipegangi sang ayah.

Di sisi lain melihat bocah tiga tahun mengendarai moge memacu pengendara lain untuk percaya diri meski punya postur kecil. Sebab tak disangkal, postur orang Asia termasuk Indonesia kadang kala jadi ganjalan karena tinggi badan.

Baca juga: Crutchlow Sebut Yamaha M1 Butuh Lebih dari Sekadar Top Speed

Honda GL 1800 Gold Wing TourKompasOtomotif - AFH Honda GL 1800 Gold Wing Tour

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, hal ini kerap ditemui oleh pengendara dengan postur di bawah 170 cm, padahal moge punya jok tinggi dan bobot berat.

"Hal ini sering ditemui saat size Asia naik motor besar, seperti BMW GS dan Harley-Davidson dan lainnya, ketika dimensi pengendara di bawah 170 cm. Maka itu kita harus mensiasati saat proses naik turun motor," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Berikut tips dari Jusri buat pengendara dengan postur tak terlalu tinggi:

1. Gunakan standar samping

Gunakan standar samping ketika ingin naik ke atas jok. Standar samping menjadi tumpuan karena bobot motor yang berat. Hal ini akan memudahkan pengendara yang tidak terlalu tinggi untuk naik ke atas motor.

Baca juga: Crutchlow Sebut Yamaha M1 Butuh Lebih dari Sekadar Top Speed

Honda Gold Wing 2021Foto: Honda Honda Gold Wing 2021

"Caranya, motor distandar samping. Kemudian naik dari sisi kiri. Injak foot step kiri pakai kaki kiri, baru kemudian kaki kanan naik ke atas jok. Dengan begitu akan lebih mudah untuk naik motor yang joknya tinggi," kata Jusri.

2. Putar setang ke kanan

Bobot moge yang berat butuh teknik tersendiri untuk menegakkan motor. Jusri mengatakan, salah satu caranya yaitu dengan mengarahkan setang ke kanan terlebih dahulu.

"Dengan cara ini motor akan lebih mudah ditegakkan. Ini akan menghemat energi sebab moge punya bobot yang berat, energi kita bisa cepat habis hanya untuk menegakkan motor berat semisal Harley-Davidson yang beratnya bisa nyaris 500 kg," katanya.

Acara safety riding oleh HDCI Kota Semarang. 

Dok. Pertamina Acara safety riding oleh HDCI Kota Semarang.

Baca juga: Masa Inreyen Mobil Baru, Amankah Langsung Digeber?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com