Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Versi Hybrid Siap Meluncur, Ini Prediksi Nasib Innova Diesel Bekas

Kompas.com - 28/10/2022, 11:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai menggoda masyarakat dengan produk barunya yang digadang-gadang merupakan Innova Zenix Hybrid. 

Kabarnya, Toyota bakal meluncurkan Innova Hybrid dalam waktu dekat. Tepatnya pada November 2022.

Meski belum ada bocoran resmi dari sisi spesifikasinya, namun diprediksi Innova Zenix Hybrid bakal mengusung mesin 1.800 cc dan 2.000 cc.

Banyak yang beranggapan kemunculan Innova Hybrid bakal menggeser dominasi pasar Innova Diesel bekas. 

Apakah benar demikian? 

Baca juga: Teaser Resmi Toyota Innova Zenix Hybrid, Produk Total Baru

Hidayatus Sholekhah Marketing Mobil88 Semarang menjelaskan, hadirnya versi terbaru justru akan memperkuat dominasi pasar Innova diesel bekas. 

Mobil bekas Innova Reborn Dicky Aditya Wijaya Mobil bekas Innova Reborn

Dalam beberapa tahun ke depan, diprediksi Innova Diesel masuk segmen hobi, didukung nilai jual yang tinggi. 

"Bicara peluang Innova Diesel di masa depan, pasarnya bisa dilihat akan stabil dan tidak tergeser versi baru," kata Hidayatus kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022). 

Belajar dari pengalaman, Hidayatus menekankan, banyak pemilik awam yang kemungkinan akan bermain menahan laju depresiasi harga, yakni dengan menunggu waktu tepat melepas unit ke pasaran. 

"Harga dimainkan, malah dari level pemilik sendiri. Kenaikan harga plusnya market-nya bagus tapi tertutup pasaran harga yang tinggi. Itu jadi tantangan baru, siap tidak siap," ucapnya. 

Yudi Purwidyantoro Area Sales Manager Carsentro Semarang mengatakan, Innova Diesel dan Innova Zenix terbaru kemungkinan besar akan memiliki pasar yang berbeda. 

Baca juga: Teaser Toyota Innova Zenix Hybrid, Diler Buka Keran Pemesanan

"Innova Zenix mesinnya hybrid, beda pasar nanti. Penentunya kalau dilihat malah dari tipe mesin bukan lagi harga. Pasar Innova Diesel di Indonesia kan sudah terbangun beberapa tahun, untuk bergeser kecil peluangnya," ucap Yudi. 

Teaser resmi model baru Toyota mulai disebar via sosial media, diduga generasi baru Innova Zenix Hybrid. Toyota Teaser resmi model baru Toyota mulai disebar via sosial media, diduga generasi baru Innova Zenix Hybrid.

Adapun, berdasarkan pantauan di sejumlah bursa mobil bekas online wilayah Semarang, berikut daftar harga Innova Diesel bekas yang bisa jadi pilihan:

Innova G Diesel A/T 2013, Rp 230 juta 

Innova G Diesel A/T 2015, Rp 246 juta 

Innova G Diesel A/T 2017, Rp 303 juta 

Innova G Diesel A/T 2018, Rp 337 juta 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com