Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomobil Pegang Merek Mercedes-Benz di Indonesia?

Kompas.com - 27/10/2022, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dikabarkan tengah dalam negosiasi diambil alih oleh Grup Indomobil. Namun, hingga sekarang, belum diketahui apakah akan terjadi perubahan struktur bisnis ke depannya.

"So far masih negosiasi di level gloal, Indomobil jadi bagian tim gabungan. Jadi masih on going proses," ucap sumber dari internal perusahaan kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Kabar tentang Indomobil Group yang akan mengambil alih Mercedes-Benz di Indonesia semakin kencang belakangan ini. Namun, dari pihak MBDI masih belum memberikan kejelasan terkait kabar tersebut.

Baca juga: Spesifikasi Mercedes-Maybach Seharga Miliaran Rupiah, Apa Istimewanya?

"Untuk saat ini, saya belum bisa memberikan komentar atau konfirmasi lebih jauh. Jika nanti ada informasi lain, akan kami berikan," ujar Presiden Direktur MBDI Choi Duk Jun, kepada wartawan, di sela-sela peluncuran Mercedes-Maybach, di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherangdok. Mercedes-Benz Indonesia Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang
Mercedes-Benz sendiri di Indonesia tidak hanya sekadar mendistribusikan mobil saja. Tapi, juga memiliki fasilitas perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Kabarnya negosiasi ini juga termasuk akuisisi pabrik Wanaherang mulai beroperasi sejak 1978 seluas 43 hektar berkapasitas produksi 6.100 unit per tahun dalam satu shift. 

Jika benar Indomobil Group akan mengambil alih MBDI, bisa jadi pabrik perakitan tersebut juga akan diambil alih.

Baca juga: Puluhan Mercedes-Maybach Harga Miliaran Rupiah Ludes Terjual di Indonesia

Saat ini, Indomobil Group memegang banyak merek otomotif roda empat ternama, seperti Suzuki, Nissan, Kia dan Hino. Sedangkan untuk merek mobil premium seperti Audi dan Citroen.

Komunitas Mercedes-Benz berkunjung ke pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang.dok. Mercedes-Benz Indonesia Komunitas Mercedes-Benz berkunjung ke pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang.

Sementara untuk roda dua, Indomobil Group juga belum lama ini sudah resmi mengambil alih penjualan Harley-Davidson yang secara efektif dimulai pada 2023.

Kompas.com sudah mengonfirmasi kepada pihak Indomobil Group. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada jawaban yang diberikan dari Indomobil Group terkait kabar tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.