Kompas.com - 24/10/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai di Korea saat ini memiliki lini produk bus listrik dengan nama Elec City. Bus listrik berbasis baterai dari Hyundai ini juga punya desain yang menarik, tidak kalah dari mobil penumpang.

Kalau dilihat dari website Truck dan Bus Hyundai, Elec City merupakan bus berlantai rendah dengan panjang kendaraan 10,998 meter. Pada bagian kabin, dibuat bisa menampung sampai 27 penumpang.

Untuk spesifikasi, Elec City dilengkapi dengan baterai berukuran 256 kWh. Jika secara konstan berjalan dengan kecepatan 73 kilometer per jam, Elec City punya daya tempuh sampai 290 Km sekali cas dari penuh.

Baca juga: MAN Perkenalkan LionS Chassis E, Sasis Bus Listrik Berlantai Rendah

Bus listrik Hyundai Elec CityTRUCKNBUS.HYUNDAI.com Bus listrik Hyundai Elec City

Uniknya, Hyundai memasang baterai dari Elec City di bagian atap bus. Jadi bagian kabin bisa lebih lega sehingga membuat penumpang lebih nyaman.

Soal desain, Elec City punya desain yang menarik di bagian depan. Bisa dilihat dari LED DRL serta lampu utama yang ada di bagian bawah. Selain itu di bagian atas tampak seperti jambul yang menjadi tempat penyimpanan baterai.

Pada bagian samping, dipasang juga ramp yang memudahkan pengguna kursi roda untuk masuk kabin. Jadi dengan lantai yang rendah, adanya ramp, Elec City cocok untuk jalanan perkotaan.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022, Bagnaia Teratas, Quartararo Tempel Ketat


Pada bagian kabin, diisi bangku yang menghadap ke depan. Selain itu, hadir juga tempat khusus untuk kursi roda yang dilengkapi dengan bantalan yang nyaman untuk orang yang berdiri atau tidak kebagian tempat duduk.

Secara model, Elec City cocok saja jika didatangkan ke Indonesia. Mengingat sudah ada beberapa merek bus China yang hadir dengan produk bus listrik perkotaan berlantai rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.