Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Rajawali, Legacy SR3 Pertama yang Pakai Tameng

Kompas.com - 24/10/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bodi bus Legacy SR3 buatan Karoseri Laksana mulai banyak digunakan operator bus. Misal seperti dua unit milik PO Rajawali Citra Transport yang baru keluar dari karoseri belum lama ini.

Kedua bus baru tersebut menggunakan bodi Legacy SR3 HD Prime double glass. Uniknya, di bagian depan juga dilengkapi dengan tameng besi di kaca atas maupun bawah.

Fungsi dari tameng ini sebenarnya untuk menjaga kaca agar tidak pecah ketika terkena lemparan batu. Mengingat untuk rute yang dilewati PO Rajawali masih marak aksi lempar batu.

Baca juga: Lihat Bus Baru PO Restu, Banyak Ornamen Panda Sampai ke Kabin

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Selain itu, pada bagian eksterior bus baru PO Rajawali tetap sama dari unit yang sebelumnya hadir. Misal dari warna, putih jadi dasarnya dengan kombinasi hijau biru, dan sedikit merah di livery-nya.

Pada bagian interior, penumpang akan dibuat nyaman karena ada dua sekat, di depan dan belakang. Sekat depan bisa jadi smoking area di ruang pengemudi sehingga tidak mengganggu penumpang.

Baca juga: Siap-siap Macet, Ada Perbaikan Jalan di Ruas Tol Cipularang Padaleunyi


Sedangkan sekat di belakang dipakai untuk pembatas antara kabin penumpang dengan toilet. Selain itu, di dekat area toilet ini juga bisa dijadikan smoking room, jadi penumpang bisa memilih.

Sebelumnya, PO Rajawali mengambil satu unit bus baru dari Karoseri Trijaya Union di Tangerang. Bodi yang digunakan adalah Dehanda Triun DX yang punya desain layaknya bus Eropa, elegan namun tetap sporty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.