Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Siapkan 182 Kendaraan Listrik buat KTT G20 di Bali

Kompas.com - 18/10/2022, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan segera berlangsung di Bali, tepatnya pada 15-16 November 2022. Jelang perhelatan tersebut, Polri telah menyiapkan total 182 kendaraan listrik untuk mengawal rangkaian acara,

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops), mengatakan, kendaraan yang digunakan personel untuk memperkuat pengamanan dan kelancaran jalur harus memenuhi standar yang telah ditetapkan.

“Terkait dengan penggunaan kendaraan non-fosil, dalam hal ini adalah kendaraan listrik. Dan Polri sudah menyiapkan 88 mobil, 94 roda dua, untuk rangkaian pengawalan dan pengamanan G20,” ujar Agung, disitat dari Youtube NTMC Polri (18/10/2022).

Baca juga: Fenomena Polisi yang Aktif Dalam Komunitas Otomotif

Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20Youtube NTMC Polri Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20

Agung juga memastikan kesiapan personel dalam penggunaan kendaraan listrik untuk mengawal acara KTT G20 di Bali.

“Mulai hari ini kita latihkan kepada seluruh anggota. Karena kita tahu fitur dan mekanik, cara kerja kendaraan listrik berbeda dengan mekanik kendaraan fosil, dan itu perlu pelatihan,” kata dia.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengatakan, perlu adanya kesiapan meliputi aspek keselamatan untuk tamu negara dan masyarakat.

Baca juga: Mobil Pelat Dewa Pakai Rotator Minta Jalan, Jangan Mau Minggir

Oleh karena itu diperlukan pelatihan untuk mengemudi kendaraan. Terutama dalam mengemudikan kendaraan listrik yang akan digunakan para personel pada KTT G20.

“Kendaraan harus disiapkan dengan baik sehingga tidak ada kesulitan dalam pelaksanaan tugas," ucap Firman.

"Kita akan latihan lagi, masih ada proses kegiatan yang akan kita laksanakan ke depan sampai pada latihan untuk evakuasi kontingensi,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com