Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Wuling Air EV Tekuk Ioniq 5

Kompas.com - 17/10/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air EV berhasil kembali merajai pasar kendaraan listrik (electric vehicle) di Indonesia, mengalahkan para pesaingnya seperti Hyundai Ioniq 5 maupun Suzuki Ertiga Hybrid pada September 2022.

Baru dua bulan resmi berjualan, berdasarkan data yang diolah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) mungil itu mencatatkan angka penjualan 1.887 unit.

Capaian tersebut jauh meninggalkan mobil sejenis seperti Ioniq 5 yang hanya berada di angka 261 unit. Padahal beberapa waktu lalu, kendaraan asal Korea Selatan yang dirakit di dalam negeri ini sempat jadi penguasa pasar BEV.

Baca juga: Avanza Veloz Masih Merajai Pasar LMPV, Stargazer Kembali Tekuk Xenia

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Tidak hanya itu, kinerja Air EV juga mengalahkan kendaraan listrik jenis lainnya seperti Suzuki Ertiga Hybrid maupun Mitsubishi Outlander PHEV. Artinya, merek China ini kini berstatus jadi mobil listrik terlaris di Indonesia.

Lebih jauh, pada September 2022 Air EV menguasai 65 persen dari total pasar mobil listrik di dalam negeri dan 87,6 persen pasar BEV keseluruhan.

Kinerja ini seiring peningkatan penjualan produk terkait sebesar 56,4 persen dari sebulan sebelumnya atau dari 821 unit jadi 1.887 unit.

Sementara kendaraan listrik terlaris nomor dua, ditempati Ertiga Hybrid dengan total penjualan 572 unit, cukup stagnan dibanding periode Agustus 2022 yaitu dengan 571 unit.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris di Indonesia September 2022, Avanza-Xpander Melambat

Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid berjalan di jalananKOMPAS.com/Adityo Wisnu Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid berjalan di jalanan

Posisi selanjutnya, ditempati Ioniq 5 yang sekaligus menjadi BEV terlaris nomor dua dengan penjualan 261 unit. Angka tersebut naik 33 persen secara bulanan alias dari 174 unit.

Sejalan dengan peningkatan penjualan kendaraan listrik nasional, membuat pasar elektrifikasi pada September 2022 meningkat cukup drastis yaitu 38,8 persen menjadi 2.909 unit.

Jumlah ini paling banyak disumbang oleh BEV dengan 2.154 unit, diikuti oleh mobil hybrid 755 unit, dan PHEV 0 unit. Adapun secara keseluruhan, kendaraan listrik kini berkontribusi 3 persen dari total pasar otomotif nasional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.