Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Mobil Terlaris di Indonesia September 2022, Avanza-Xpander Melambat

Kompas.com - 17/10/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza kembali berhasil menjadi kendaraan bermotor roda empat atau lebih terlaris di pasar dalam negeri pada September 2022, meskipun mengalami penurunan penjualan dari bulan sebelumnya.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), capaian tersebut diraih usai mobil berjuluk "kendaraan sejuta umat" itu berhasil membukukan penjualan bulanan sebesar 6.855 unit.

Angka itu menguasai 6,8 persen dari total pasar mobil nasional dalam periode yang sama atau 99.986 unit. Hanya saja, bila dilihat sepak terjangnya selama tahun berjalan, Avanza sudah mengalami perlambatan tiga bulan berturut-turut.

Baca juga: Penjualan Mobil per September 2022 Naik Tipis, Toyota-Daihatsu Masih Kuasai Pasar

Ilustrasi pameran otomotif GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pameran otomotif GIIAS 2022

Pada Juli 2022 penjualan Avanza berhasil mencapai 7.542 unit, tetapi kinerja terkait turun tipis menjadi 7.030 unit pada Agustus 2022. Kini, penurunan kembali terjadi hingga menyisihkan 6.855 unit atau minus 2,5 persen.

Sementara itu, pada posisi kedua kembali ditempati Daihatsu Gran Max yang telah berhasil tumbuh 16,2 persen secara bulanan menjadi 6.308 unit. Angka tersebut selisih tipis dari Honda Brio yang juga mengalami peningkatan penjualan menjadi 6.246 unit.

Tidak main-main, peningkatan penjualan pada model terlaris Honda Indonesia ini mencapai 26 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Membuat Brio bisa melesat dari posisi ke-6 mobil terlaris di Indonesia jadi ke-3.

Keadaan serupa juga dialami oleh Toyota Kijang Innova sebagai mobil keluarga 7-penumpang kelas menengah. Berkat pertumbuhan sebesar 27,2 persen atau dari 3.949 unit jadi 5.426 unit, produk ini mampu mengalahkan pesaing seperti Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Fast Charging untuk Motor Listrik Masih Tahap Pengembangan

Honda Brio RS Dok. Aris Honda Brio RS

Menutup posisi ke-5 besar, ditempati Toyota Calya dengan 5.364 unit. Capaian ini pula menandakan bahwa meski Avanza mengalami penurunan, tetapi model kendaraan lain dari Toyota berhasil menunjukkan peningkatan cukup signifikan.

Dalam periode yang sama, terlihat bahwa Xpander dan Hyundai Stargazer terdapuk dari posisi 10 mobil terlaris di Indonesia. Hal ini seiring dengan adanya penurunan penjualan yang cukup dalam.

Stargazer misalnya, pada bulan lalu berhasil membukukan angka penjualan di 3.955 unit, tapi sekarang hanya 2.839 unit (minus 39 persen). Sementara Xpander yang mengalami penurunan terdalam, yaitu 58 persen, hanya berhasil menjual 3.282 unit selama September 2022.

Baca juga: Pentingnya Sabuk Pengaman dan Airbag di Mobil


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.