Perbandingan Desain Kia Carens dengan Hyundai Stargazer, Suka yang Mana?

Kompas.com - 15/10/2022, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia kini diramaikan dengan hadirnya dua produk dari merek Korea Selatan, yakni Kia Carens dan Hyundai Stargazer.

Bicara soal harga, Kia Carens dibanderol mulai Rp 389 juta sampai Rp 449 juta. Sedangkan Hyundai Stargazer harganya mulai Rp 243,3 juta sampai Rp 307,1 juta.

Secara harga, memang Carens diposisikan lebih mahal karena menyasar pasar MPV. Kalau Stargazer, tujuannya memang mau mengacak-acak segmen MPV murah yang ramai merek Jepang.

Baca juga: Kia Carens Inden Dua Bulan, Varian 1.5 L Paling Laku

Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer

Pada pembahasan kali ini, redaksi akan membandingkan desain eksterior dari Kia Carens dengan Hyundai Stargazer. Mari bahas pada bagian depan dahulu, di mana muka adalah komponen penting dari kendaraan.

Kia Carens punya desain yang menarik, seperti lampu full LED dengan DRL yang dibungkus garnish hitam yang menyambung dari sisi kiri sampai kanan. Selain itu, desain bumpernya juga gagah, ditambah dengan lampu kabut yang ngumpet di sebelah grille.

Untuk Stargazer, desainnya lebih unik lagi terutama di bagian depan. Bentuk muka dari Stargazer cukup sederhana, tidak banyak lekukan tajam, bahkan terkesan mirip dengan saudara besarnya yakni Hyundai Staria.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022, Martin Pole Position

Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kia Carens

Beralih ke bagian samping, proporsi dari desain Carens cukup mirip dengan mobil pada umumnya, punya kap mesin panjang. Berbeda dengan Stargazer, tarikan dari depan sampai ke atap dari samping terlihat kontinu, jadi kap mesin ukurannya kecil.

Selain itu, Carens menambah ornamen bodi cladding di yang menyambung dari depan sampai belakang. Apalagi di atapnya dipasang roof rail yang membuat MPV ini bergaya SUV.

Sedangkan untuk Stargazer, punya tarikan-tarikan bodi yang tegas, bisa dilihat dari bagian fender, pintu, sampai fender belakang. Namun secara keseluruhan, bentuk bodi Stargazer dari samping cukup membulat.

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuHMID Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

Beralih ke bagian belakang, desain dari buritan Carens cukup konvensional. Namun lampu kombinasi yang full LED, ditambah adanya ornamen krom di bagian bumper membuat desain Carens cukup menarik.

Kalau bahas bagian buritan dari Stargazer, memang bukan jadi favorit semua orang. Lampu kombinasi punya bentuk yang cukup aneh, ditambah lampu malam LED yang menyala seperti huruf H saat malam.

Soal desain, memang jadi selera setiap orang. Kalau menyukai tampilan mobil yang umum saja namun modern, Carens bisa jadi pilihan, sedangkan Stargazer cocok untuk orang yang berani tampil beda di jalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.