Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sesi latihan bebas FP1 MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Aleix Espargaro hampir menabrak seekor walabi.

Lantaran kejadian tersebut, para pebalap MotoGP memminta agar keamanan sirkuit ditingkatkan.

Dikutip dari Motorsport.com, Sabtu (15/10/2022), para pebalap menggelar rapat dengan Safety Commission pada Jumat, terkait adanya hewan liar yang memasuki area trek.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022, Martin Pole Position

Aleix masih beruntung tidak menabrak hewan liar tersebut. Nasib yang berbeda dialami oleh Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone. Keduanya menabrak burung camar dan tentunya mengganggu performa motor.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

Alex Rins mengatakan, ketinggian pagar sirkuit perlu dievaluasi lagi untuk meningkatkan perlindungan bagi pebalap.

"Kami sudah bicara kemarin dengan Safety Commission bahwa mereka perlu meningkatkan pagar. Sebab, jika kami menabrak walabi, itu bisa sangat berbahaya bagi hewan itu dan kami sendiri," ujar Rins.

Baca juga: Daftar Pebalap MotoGP 2023, Semua Kursi Terisi Penuh

Rins mengatakan, pagar yang membatasi sirkuit terlihat dari trek lurus. Menurutnya, pagar tersebut tidak terlalu tinggi.

Pebalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, memasuki paddock dengan burung tersangkut pada motornya saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia, yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (19/10/2013).MOTOGP.COM Pebalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, memasuki paddock dengan burung tersangkut pada motornya saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia, yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (19/10/2013).

Aleix menambahkan, pada awal rapat, semuanya tertawa. Tapi, semua juga tahu bahwa sangat penting untuk memperhatikan hal ini karena menyangkut keamanan.

"Bagi saya, ini tidak bisa diterima. Ini sangat berbahaya. Kita lihat saja apakah mereka bisa meningkatkannya. Kami minta mereka menutup sirkuit dengan lebih baik," kata Aleix.

Aleix mengatakan, untuk burung-burung, tidak ada yang bisa dilakukan. Menabrak burung bisa saja terjadi. Tapi, jangan sampai terjadi pada walabi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.