Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomobil Group Tidak Khawatir Kia dan Citroen Saling Sikut

Kompas.com - 15/10/2022, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indomobil Group menaungi banyak merek produsen mobil. Merek terbaru yang masuk ke dalam jaringannya adalah Citroen.

Selain Citroen, Indomobil Group terlebih dahulu sudah memegang Kia melalui anak perusahaannya, yakni PT Kreta Indo Artha (KIA).

Baca juga: Adu Spesifikasi Mesin Citroen New C3 Lawan Daihatsu Rocky

Meski memegang beberapa merek mobil yang berbeda, Indomobil Group menjamin bahwa di antara masing-masing merek tersebut tidak akan terjadi kanibalisasi.

Mobil listrik KIA Niro EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Sorento HEV, Niro EV dan EV6 GT-Line jadi andalan KIA di produk elektrifikasi.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik KIA Niro EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Sorento HEV, Niro EV dan EV6 GT-Line jadi andalan KIA di produk elektrifikasi.

Andrew Nasuri, Head of Business Development Indomobil Group, mengatakan, di Indomobil Group, meskipun ada banyak merek di bawah sayapnya, tapi semua dikelola oleh para profesional yang berbeda.

"Jadi, dari segi arahan dan strategi, akan terpisah. meskipun, ada perusahaan induk yang mengawasi merek-merek tersebut," ujar Andrew, saat ditanya Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pasarkan Mobil Listrik e-C4, Citroen Terasa Belum Yakin

Menurut Andrew, Kia sedikit berbeda dengan Citroen. Salah satu alasan Indomobil Group memasarkan merek mobil asal Prancis tersebut adalah karena visi yang dimiliki oleh Citroen.

Citroen New C3Kompas.com/Donny Citroen New C3

"Kenapa kami ingin Citroen? Karena ini adalah mobil yang berbeda dengan Kia dan Citroen selalu berpikir di luar kotak. Mereka bisa melihat hal-hal yang pabrikan lain tidak lihat," kata Andrew.

Meski sudah diumumkan bahwa Citroen resmi kembali ke Indonesia, tapi PT Indomobil Wahana Trada (IWT) yang mengatur distribusi dan penjualan Citroen baru akan merilis tiga model pada kuartal I/2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.