Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Klaim Konsumsi BBM Vios Generasi Terbaru Tembus 20 Kpl

Kompas.com - 13/10/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengklaim bahwa tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dar Vios generasi keempat yang diluncurkan di Indonesia pada Rabu (12/10/2022), tembus 20 kpl.

Hal terkait seiring dengan penggunaan mesin 2NR-VE, transmisi CVT baru, dan penyematan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang jauh lebih ringan dibandingkan model sebelumnya.

"Berat dari platformnya berkurang sehingga menambah keiritan bahan bakar dan overall mobilnya lebih ringan," kata Anton dalam diskusi virtual, Rabu.

Baca juga: Vios Terbaru Diharapkan Bisa Gairahkan Segmen Sedan di Indonesia

Toyota All New Vios Generasi 4dok.TAM Toyota All New Vios Generasi 4

"Ini konsumsi BBM-nya lebih irit dari generasi sebelumnya, dari sekitar 1:17 kpl untuk penggunaan kombinasi. Lebih tinggi lagi, sampai di atas 20 kpl," lanjut dia.

Namun ia tidak mengungkapkan jenis pengujian macam apa yang digunakan saat pengujian konsumsi BBM Vios terbaru secara internal. Jika hanya melihat lembar spesifikasi, sepertinya untuk jalur luar kota masih memungkinkan.

Sebab, mobil kini memiliki berbagai fitur canggih yang menunjang efisiensi konsumsi BBM yaitu lewat serangkaian paket fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS).

Kemudian dapur pacunya, Vios generasi keempat menggunakan mesin 2NR-VE dengan kapasitas 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, dual VVT-i, yang mampu untuk menghembuskan tenaga 104 dk dan torsi maksimum 138 Nm.

Baca juga: Skema Kredit Toyota All New Vios, Cicilan Mulai Rp 7 Jutaan

Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).dok.TAM Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).

Besaran daya tersebut, sedikit mengecil dari sebelumnya yang berada di angka 107 dk. Tetapi secara putaran mesin, mesin yang baru punya nafas sedikit lebih panjang yaitu sampai 6.000 rpm.

Penggunaan mesin 2NR-VE ini, menurut Anton, bisa menjadi salah satu solusi untuk menyiasati naiknya harga BBM.

"Kombinasi mesin dan transmisi CVT ini tentunya lebih efisien. Sangat cocok di tengah harga BBM yang sedang meningkat seperti sekarang ini," kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.