Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vios Terbaru Diharapkan Bisa Gairahkan Segmen Sedan di Indonesia

Kompas.com - 13/10/2022, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui bahwa pertumbuhan segmen sedan di Indonesia cukup stagnan dan sulit untuk melebihi satu persen dari total pasar kendaraan roda empat atau lebih.

Mengingat, saat ini pertumbuhan kendaraan sport utility vehicle (SUV) sedang gencar dalam beberapa waktu belakangan. Bahkan, kondisinya hampir mendekati segmen terlaris yakni multi purpose vehicle (MPV) sekitar 20 persen.

"Memang pasar sedan ini, kalau kita lihat data sangat kecil. Di 2013 sedan itu masih bisa menyumbang penjualan 4 persen. Tetapi, seiring berjalannya waktu terus turun hingga mencapai titik terendahnya, 0,7 persen di tahun 2017," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, Rabu (12/102022).

Baca juga: Alasan Kenapa Toyota Vios Terbaru Tidak Diproduksi di Indonesia

Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).dok.TAM Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).

"Namun sejak 2021 (setelah diterapkan aturan pengenaan PPnBM baru), angka tersebut sedikit membaik jadi 1 persen. Sudah lumayan meski cukup sulit untuk bisa mencapai 4 persen kembali," tambahnya.

Meski demikian, Anton berpendapat bukan berarti pertumbuhan minat pada segmen sedan tidak bisa bergerak positif. Oleh karenanya, ia berharap dengan kehadiran generasi keempat Vios, bisa kembali menggairahkan pasar.

Adapun sasaran konsumen yang hendak diincar oleh produk terbaru TAM yang diimpor langsung dari Thailand tersebut ialah perusahaan transportasi atau fleet seperti taxi, pemerintahan, dan anak muda.

"Sedan mustahil kembali ke 3-4 persen seperti 10 tahun lalu, butuh waktu. Sebab, sekarang ini yang terus meningkat di Indonesia pasar mobil SUV. Tetapi sedan lovers (penggemar mobil sedan) masih tetap ada," katanya.

Untuk diketahui, Vios merupakan produk andalan Toyota Indonesia yang kerap mengisi pasar sedan murah. Kini, meski diimpor dari Thailand, mobil tersebut tetap dipastikan keandalan dan kenyamanannya untuk menemani aktivitas sehari-hari di dalam negeri.

Baca juga: Simak Ubahan Lengkap Toyota Vios Terbaru

Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).dok.TAM Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).

Beberapa sektor yang berubah pada generasi keempat Vios ini, ialah platform terbaru yang lebih ringan yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan penyematan perangkat fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense (TSS).

Berikut harga resmi All New Toyota Vios OTR DKI Jakarta:

- All New Vios 1.5 E M/T: Rp 314.900.000
- All New Vios 1.5 G CVT Non Premium Color: Rp 355.200.000
- All New Vios 1.5 G CVT premium Color Premium Color: Rp 356.700.000
- All New Vios 1.5 G TSS CVT Non Premium Color: Rp 368.400.000
- All New Vios 1.5 G TSS CVT Premium Color: Rp 369.900.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com