Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Sistem Swap Baterai untuk Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 13/10/2022, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Era kendaraan listrik yang kian disuarakan oleh Indonesia kian menunjukkan keseriusannya.

Berbagai yang mendukung ekosistem kendaraan listrik terus didorong, salah satunya layanan swap baterai.

Saat ini sudah ada sejumlah Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang tersebar di Indonesia. Namun, layanan ini masih diperuntukan untuk baterai motor listrik.

Baca juga: Skema Kredit Toyota All New Vios, Cicilan Mulai Rp 7 Jutaan

“Nah untuk mobil perlu kita tunggu siapa yang akan menjadi perintis di negara kita dengan sistem seperti itu. Yang mobil saya lihat di Indonesia belum,” kata Pengamat otomotif Bebin Djuana kepada Kompas.com, Jumat (13/10/2022).

Saat ini, dalam mendukung percepatan kendaraan listrik di Tanah Air, untuk ekosistem mobil baru memberikan kemudahan bagi pembeli berupa garansi terhadap baterai. Hal tersebut agar konsumen tidak dilanda kecemasan saat akan membeli.


“Karena tren mobil listrik ini memang baru awal. Pasti pembeli akan banyak pertanyaan tentang baterai. Untuk menghilang kekhawatiran itu, dibuatlah garansi agar bisa dikembalikan ke diler dan membangun kepercayaan,” kata Bebin.

Stasiun penukaran baterai atau swap baterai untuk Honda PCX ElectricKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Stasiun penukaran baterai atau swap baterai untuk Honda PCX Electric

Di Indonesia sendiri, saat ini jumlah SPBKLU Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia per Mei 2022 ada 369 unit yang melayani ekosistem motor listrik.

Bebin mengatakan jumlah SPBKLU tersebut kian baik seiring beberapa perusahaan swap baterai bekerjasama dengan minimarket.

Baca juga: Upaya Pabrikan Otomotif Membuat Harga Mobil Listrik Jadi Murah

“Kalau baterai swap yang ada di Indonesia sudah ada beberapa merek. Dan ini memudahkan saudara-saudara kita yang mencari nafkah menjadi ojek online yang mana tinggal datang ke mini market untuk menukar baterai yang kosong dengan yang sudah terisi,” kata Bebin.

Metode ini, menurut Bebin sangat membantu aktivitas para driver ojol yang mana hanya perlu menukar baterai di SPBKLU yang ada di minimarket. Tidak perlu menunggu waktu lama, pengguna motor listrik dapat langsung melakukan kegiatan dengan swab baterai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com