Mengenal Aquaplaning Saat Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

Kompas.com - 11/10/2022, 17:12 WIB

DEMAK, KOMPAS.com - Musim hujan tiba, diperlukan kewaspadaan saat sedang berkendara. Pasalnya, di jalan biasanya banyak ditemukan genangan air.

Perlu diketahui, keselamatan pengendara khususnya sepeda motor sangat dipengaruhi oleh kondisi jalan.

Salah satu ancamannya adalah terjadinya aquaplaning, yaitu sebuah peristiwa yang terjadi ketika kendaraan melaju kencang di atas genangan air.

Baca juga: Mengenal Aquaplaning Saat Berkendara Mobil di Musim Hujan

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

Mekanik Ahass Cawas Klaten Natsir, mengatakan sepeda motor bisa tergelincir bila melaju dengan cepat di atas permukaan jalan yang basah atau ada genangan air.

"Bisa terjatuh, karena sepeda motor menjadi tidak stabil efek dari air dan kecepatan, dan itu sangat berbahaya," ucap Natsir kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dia mengtakan selain kecepatan dan adanya genangan air, permukaan ban yang sudah aus juga bisa menjadi penyebab sepeda motor tidak stabil.

Baca juga: Antisipasi Aquaplaning, Perhatikan Kelayakan Ban Sebelum Berkendara

Pantauan banjir di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Pantauan banjir di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022).

"Rodanya kan terkesan melayang kalau melewati jalan yang tergenang air, jadi sebaiknya bila musim hujam pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaan, atau bisa menurunkan kecepatan biar lebih aman," ucap Natsir.

Hal serupa juga disampaikan oleh Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan tidak hanya terjadi pada mobil, aquaplaning juga bisa menimpa pengendara sepeda motor, bahkan peluang risikonya lebih besar.

“Tidak hanya rolling (tergelincir) seperti mobil, pengguna sepeda motor bisa saja terjatuh karena menerjang genangan air dengan kecepatan tinggi karena efek aquaplaning,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dia mengatakan aquaplaning adalah peristiwa di mana roda tidak menapak dengan sempurna di aspal karena pengaruh genangan air.

Baca juga: Cara Hindari Jebakan Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Pengendara sepeda motor mendorong kendaraannya akibat menerobos banjir di Jalan Cempaka Putih Barat 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).Dokumentasi Pribadi Pengendara sepeda motor mendorong kendaraannya akibat menerobos banjir di Jalan Cempaka Putih Barat 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.