Kompas.com - 11/10/2022, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan membuat sejumlah jalan tergenang air. Baik genangan tersebut cukup dalam atau hanya basah beberapa sentimeter saja.

Baik dalam atau tidak, setiap gengan di permukaan jalan dapat membuat mobil bermasalah. Salah satu peristiwa yang dapat menimbulkan celaka karena genangan dinamakan aquaplaning.

Lantas, apa itu aquaplaning saat berkendara?

Baca juga: Cara Hindari Jebakan Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.Chevrolet Indonesia Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.

 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan aquaplaning merupakan peristiwa tidak menapaknya ban kendaraan dengan sempurna akibat genangan air di permukaan jalan.

“Aquaplaning ini maksudnya ban kendaraan tidak menapak dengan sempurna pada aspal dipengaruhi oleh air, jadi ban itu berada melayang di atas air,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dia mengatakan kondisi tersebut membuat mobil seperti melayang. Bahkan pada kondisi tertentu arah laju kendaraan menjadi tidak terkendali dengan baik.

Baca juga: Mengenal Bahaya Laten Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

Sementara itu, Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan aquaplaning adalah peristiwa roda mobil melayang karena pengaruh kecepatan dan genangan air di permukaan jalan.

“Aquaplaning itu kondisi slip yang terjadi pada roda saat melalui genangan air, kondisi ini terjadi pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, kondisi kecepatan tinggi yang dimaksud tergantung dari kondisi tapak ban aktual,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dia mengatakan tidak semua genangan air menyebabkan aquaplaning, tapi salah satu penyebab utamanya adalah air.

Baca juga: Pikap Adu Banteng dengan Toyota Kijang, Diduga Akibat Aquaplaning

Truk aquaplaning di cipularangINSTAGRAM/ROMANSASOPIRTRUCK Truk aquaplaning di cipularang

“Bila kondisi tapak ban jelek, mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka roda akan cenderung mengalami slip, itu bisa membuat mobil rolling (tergelincir),” ucap Eko.

Jadi, aquaplaning merupakan peristiwa yang kurang menguntungkan pengendara mobil ketika permukaan jalan terdapat genangan air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.