Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tol Termuda di Indonesia

Kompas.com - 11/10/2022, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol menjadi infrastruktur penting bagi mobilitas transportasi darat. Sarana dari jalan bebas hambatan ini kian diperluas dan dikembangkan guna mempermudah akses transportasi di Indonesia.

Bukan hanya untuk kegiatan pribadi, jalan tol akan membuat jarak tempuh untuk kegiatan logistik atau kegiatan masyarakat menjadi lebih cepat.

Baca juga: IMG Kejar Produksi 3.000 Unit Alva One sampai Januari 2023

Hingga saat ini berbagai ruas jalan tol baru diresmikan, bahkan masih ada yang masih di tahap pengerjaan.

Dari beberapa jalan tol tersebut ada pula jalan tol yang mendapatkan julukan jalan tol termuda atau tol yang baru saja diresmikan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyebutkan jika Tol Cibitung - Cilincing dan Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A adalah jalan tol termuda di Indonesia.

“Jalan Tol Cibitung - Cilincing dan Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A, karena pada 20 September 2022 lalu baru saja diresmikan oleh Presiden RI Jokowi dan beroperasi,” kata Danang kepada Kompas.com, Rabu (11/10/2022).

Dirangkum dari bpjt.pu.go.id, jalan Tol Cibitung – Cilincing dengan total panjang 34,76 Km Memiliki 4 seksi. Seksi 1 yaitu ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 3,03 Km, sudah beroperasi sepanjang 2,65 Km sejak 2021 lalu.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, tepatnya di Gerbang Tol Gabus, Jalan Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (20/9/2022).KOMPAS.com/Haryantipuspasari Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, tepatnya di Gerbang Tol Gabus, Jalan Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (20/9/2022).

Lalu seksi 2 dan 3 Telaga Asih - Tarumajaya sepanjang 24,45 Km yang baru diresmikan oleh Presiden Jokowi sehingga menjadi jalan tol termuda.

Kemudian, jalan tol Serpong - Balaraja yang terdiri atas 3 seksi, yakni, Seksi I (Serpong–Legok) sejauh 9,4 Km, Seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 11,5 Km , dan Seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) 18,6 Km.

Untuk tahap 2 seksi 2 dan 3 Legok - Balaraja sepanjang 30,1 Km masih dalam tahap persiapan pada tahun 2023-2025.

Baca juga: Mengenal Aquaplaning Saat Berkendara Mobil di Musim Hujan

Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A juga sebelumnya telah difungsionalkan dalam mendukung kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City beberapa waktu lalu.

Kedua jalan tol termuda ini sudah bisa digunakan dan merilis tarif tol untuk setiap jenis kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com