Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Motor Listrik Boleh di Cuci Steam?

Kompas.com - 08/10/2022, 18:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan pengendara kendaraan bermotor aktif usai menerobos hujan ialah segera dicuci. Tujuannya, supaya kotoran tidak hinggap di beberapa komponen penting kendaraan dan menjaga cat optimal.

Lantas, bagaimana dengan sepeda motor listrik? Mengingat, kendaraan terkait memiliki komponen bertegangan tinggi dan rentan terhadap air, yakni baterai, motor listrik, sampai komponen pendukung lainnya.

Ditemui beberapa wartawan di Jakarta pada Sabtu (8/10/2022), SPV Product Specialist Alva, Abraham Sutadusastra mengatakan tindakan tersebut aman-aman saja. Namun memang ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Musim Hujan, Ini yang Harus Diperhatikan Agar Baterai Motor Listrik Tidak Bermasalah

Test ride motor listrik Alva One di ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Alva One di ajang GIIAS 2022

Salah satunya, sebelum dicuci paskan bahwa Miniature Circuit Breaker (MCB) dimatikan supaya tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub alias motor listrik.

Diketahui, MCB merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sistem di dalam instalasi listrik untuk pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dengan perangkat kelistrikan lain di motor.

Jadi apabila menghindari terjadi beban berlebih serta hubung singkat arus listrik atau korsleting.

"Kalau mau cuci steam, matikan dulu MCB-nya. Kasih tahu ke orang yang akan cuci bahwa ini motor listrik. Kemudian apabila ingin disemprot, kasih jarak saja sekitar 60 sentimeter sampai 1 meter," kata Abraham.

Baca juga: Can-Am City, Fasilitas Main Kendaraan Offroad Dibuka di Megamendung

Baterai pada Motor Listrik Alva OneKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Baterai pada Motor Listrik Alva One

Menjaga jarak dimaksud supaya menekan potensi air masuk ke bagian baterai motor yang berada di bawah bagasi. Sementara untuk menyemprot bagian kaki-kaki tidak masalah.

Demikian pula ketika motor diberikan sabun. Sebab bagian luar motor yang terdapat tegangan arus tinggi sudah dilapisi bagian tahan air dan ditutup rapat.

"Paling rentan itu ya dibawah jok (bagasi). Walaupun ada pelapisnya berupa karet namanya juga high preassure kita tidak tahu ya. Kalau supaya lebih aman, takut kenapa-kenapa tutupi saja (bagian baterai) dengan plastik," kata dia.

"Kalau kolong2 tidak masalah karena juga kan didesain untuk tahan genangan air (banjir). Hub juga kan sudah seal banget, lewat air saja tidak masalah," lanjut Abraham.

Setelah dicuci, pastikan motor benar-benar kering sebelum pada akhirnya mengaktifkan kembali MCB untuk memasok listrik dari baterai ke motor listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com