Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Ini yang Harus Diperhatikan Agar Baterai Motor Listrik Tidak Bermasalah

Kompas.com - 08/10/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim penghujan merupakan salah satu tantangan terbesar bagi pemilik dan pengguna kendaraan bermotor. Pasalnya, air merupakan musuh dari berbagai komponen kendaraan, apalagi sepeda motor listrik.

Mengingat, pada jenis kendaraan tersebut terdapat komponen baterai sebagai jantung utama. Apabila terkena air, sejumlah masalah bisa saja terjadi serta membuat pertanggungan resmi dari pabrikan hangus.

Meskipun memang, pabrikan telah membuat pelapis atau pelindung komponen ini tahan terhadap air alias water resistance.

Baca juga: Efek Menelantarkan Mobil yang Kebanjiran Terlalu Lama

Alva OneKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Alva One

"Seluruh pelapisnya sudah water resistance. Tetapi memang jika terendam air atau banjir cukup dalam sampai lampu, bisa saja kena baterai. Sehingga kita terus memberikan anjuran-anjuran ke konsumen," kata SPV Product Specialist Alva, Abraham Sutadusastra di Jakarta, Sabtu (8/10/2022).

Untuk menghindari hal tersebut, menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dihindari. Salah satunya, jangan memaksa motor untuk melibas genangan air yang tinggi.

Apabila terpaksa, disarankan hanya boleh melintas di genangan air setinggi mata kaki manusia atau tidak melebihi setengah ban.

"Kemudian jalannya jangan ngebut, pelan-pelan saja. Namun kalau bisa wilayah yang banjir itu dihindari saja," ucap dia.

Prilaku lainnya, jangan sembrono menaruh jas hujan atau kain basah langsung ke bagasi motor. Pastikan perlengkapan terkait dalam keadaan kering agar air tidak masuk ke sela-sela karet pelindung baterai.

Baca juga: Cicilan Motor Listrik Alva One Mulai Rp 470.595 per Bulan

Baterai pada Motor Listrik Alva OneKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Baterai pada Motor Listrik Alva One

Sebab, sebagaimana diketahui, baterai sepeda motor listrik dari Alva One ada di bawah bagasi. Jika terkena dan pihak diler menemukan baterai sudah pernah terkena air, maka garansi akan dicabut.

"Kalau misal mau taruh jas hujan atau apapun (yang basah), lebih baik pakai plastik atau terpisah. Atau lebih baik lagi, ditunggu sampai benar-benar kering," kata Abraham.

"Lebih aman lagi, di bawah pelindung menuju baterai (tepat berada di bawah bagasi motor), lapisi lagi dengan plastik untuk jaga-jaga air yang rembes dari karet tidak menyentuh baterai," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.